Rizky Bagus Oka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rizky Bagus Oka adalah pebisnis muda yang lahir di Duri, 4 Agustus 1991 Provinsi Riau. Saat ini Rizky Bagus Oka menjadbat sebagai Ketua Kadin Kota Pekanbaru periode 2023 - 2028[1], Ketua BRCN Provinsi Riau, Direktur Analisa Bisnis & Investasi ICCN periode 2023 - 2025[2], dan Kakak Asuh Stunting Provinsi Riau. Rizky Bagus Oka sebagai Caleg DPRD Terpilih Pekanbaru periode 2024 - 2029 dari Partai Gerindra, mendapatkan suara tertinggi yaitu berjumlah 4215 suara walaupun masih pemula di dunia politik[3]. Selain meniti karir sebagai pengusaha, Rizky Bagus Oka juga merupakan seorang ayah dengan dua orang anak.

Perjalanan Hidup[sunting | sunting sumber]

Rizky Bagus Oka memulai memulai perjalanan pertumbuhan dan eksplorasi karirnya setelah menamatkan SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru dengan mengikuti Lomba Penyiar Radio Persada pada tahun 2009. Ketertarikannya dalam bidang komunikasi membawanya menjadi Bujang Dara Riau, di mana ia berhasil menjadi Bujang Intelegensia Riau 2010 dan fokus mempromosikan Riau sebagai tujuan wisata, dan pada tahun 2011 Rizky Bagus Oka kembali mengikuti ajang pemilihan Bujang Dara Kota Pekanbaru dan berhasil masuk 5 besar. Pada tahun yang sama Rizky Bagus Oka pun terpilih sebaga Duta Bahasa III Riau 2011. Pada tahun 2012 Rizky Bagus Oka dipercaya dalam Pekan Olahraga Nasional Riau 2012 sebagai Protokol.

Riwayat Karir[sunting | sunting sumber]

JENESYS 2.0[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2013, Rizky Bagus Oka  adalah salah satu pemuda yang berhasil mewakili Riau di program JENESYS 2.0 (The Japan-East Asia Network of Exchange for Student and Youth) yang merupakan program persahabatan Jepang dengan negara-negara di kawasan Asia Timur yang bertujuan menciptakan dan memperdalam rasa solidaritas di antara para remaja yang merupakan generasi penerus yang akan berperan penting di masa yang akan datang.

TVRI Riau[sunting | sunting sumber]

Bermula dengan sederet prestasi yang dimiliki, Rizky Bagus Oka menjadikan kemampuan dalam komunikasi yang ia miliki sebagai sisi yang paling menjual dari dirinya. Melalui lomba presenter untuk TVRI Riau, Rizky Bagus Oka akhirnya menghabiskan 2 tahun di TVRI Riau sebagai Presenter Berita. Pengalamannya sebagai penyiar radio dan presenter TV Nasional dari tahun 2009 hingga 2015 membantu Rizky Bagus Oka membentuk keahliannya dalam berkomunikasi dengan publik menjadi jauh lebih baik.

Peterseli Group[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014 akhir, Rizky Bagus Oka mulai melirik dunia usaha. Sebagai salah satu pendiri Peterseli Kitchen, Rizky Bagus Oka memulai karirnya sebagai Marketing Manager di Peterseli Kitchen. Hingga tahun 2017, Rizky Bagus Oka ditunjuk sebagai General Manager Peterseli Group yang memiliki anak usaha mulai dari Peterseli Kitchen, Twofloo, Sultana Catering, Peterseli Academy hingga Adoekin. Pengalaman didunia usaha kuliner Pekanbaru adalah salah satu alasan akhirnya Rizky Bagus Oka ingin berdampak lebih besar untuk Pekanbaru. Salah satu pencapaian Peterseli Group dimana Executive Chef Peterseli Group menjadi perwakilan Indonesia pada kompetisi Chef berskala International Cook N Battle Tomorrow’s Top Chef yang diadakan oleh Culinary Arts Academy Switzerland (CAAS).[4]

HIPMI Kota Pekanbaru[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2021 Rizky Bagus Oka terpilih aklamasi sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Pekanbaru[5], dimana pada saat itu Rizky Bagus Oka berhadapan dengan Covid-19. Bersama Rizky Bagus Oka, HIPMI Pekanbaru selalu memberi dampak untuk kemajuan dunia Usaha Pekanbaru. Rizky Bagus Oka sebagai Ketua HIPMI Kota Pekanbaru sempat mengajukan protes kepada pemerintah kota perihal PPKM di Kota Pekanbaru, dimana menurutnya sangat merugikan para pebisnis dan masyarakat dalam kegiatann perekonomian.[6] Alhasil, pemerintah Kota Pekanbaru Menarik kembali kebijakan PPKM level 3 di Kota Pekanbaru pada natal dan tahun baru 2021.[7]

Ekonomi Kreatif[sunting | sunting sumber]

2021 adalah tahun Rizky Bagus Oka ditunjuk berdasarkan Peraturan Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.si, sebagai Ketua Badan Riau Creative Network (BRCN), sebuah badan yang dibentuk Pemerintah Provinsi Riau sebagai mitra untuk mengurusi Ekonomi Kreatif Riau. Bersamaan dengan itu, Rizky Bagus Oka juga ditunjuk sebagai Koordinator Daerah Riau untuk Indonesia Creative Cities Network (ICCN), tempat berhimpunnya kota kota kreatif di Indonesia untuk Indonesia semakin kreatif. Lalu di tahun 2022, Rizky Bagus Oka masuk sebagai pengurus ICCN di Deputi V sebagai Direktur Analisa Bisnis dan Investasi.[8]

KADIN Kota Pekanbaru[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 2023, setelah kiprahnya di HIPMI Pekanbaru bersama pengusaha pengusaha lainnya, Rizky Bagus Oka naik kelas ke jenjang organisasi induk Pengusaha Indonesia yaitu KADIN. Rizky Bagus Oka pun secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Pekanbaru masa bakti 2023 - 2028[9]. Dalam jabatannya, Kadin Kota Pekanbaru berhasil menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dari 3.000 pelaku UMKM binaan KADIN Kota Pekanbaru, 200 orang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan pada program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), dimana Seluruh pembiayaannya ditanggung langsung oleh KADIN Kota Pekanbaru.[10]

Riwayat Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • SD Negeri 003 Sail, Pekanbaru
  • SMP Negeri 08, Pekanbaru
  • SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Bujang Intelegensia Riau (2010)
  • Top 5 Bujang Kota Pekanbaru (2011)
  • Duta Bahasa III Riau (2011)
  • Top 5 Presenter Berita LPP TVRI Riau (2013)
  • Kakak Asuh Stunting Provinsi Riau (2023)
  • Indonesia Participating Youth of Japan-East Asia Network of Exchange for Studens and Youth (Jenesys 2.0) (2013)

Sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rizky Bagus Oka Terpilih Aklamasi Jadi Ketum Kadin Pekanbaru". riautribune.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-27. 
  2. ^ "ICCN - Indonesia Creative Cities Network". iccn.or.id. Diakses tanggal 2024-03-27. 
  3. ^ "Mengintip Suara Sementara Caleg Muda di Kota Pekanbaru: Bagus Oka Tertinggi, Bang Jagok?". Tribunpekanbaru.com. Diakses tanggal 2024-03-27. 
  4. ^ "Chef Peterseli Kitchen Pekanbaru Wakili Indonesia di Kompetisi Chef International". cakaplah.com. Diakses tanggal 2024-03-27. 
  5. ^ "Rizky Bagus Oka Nakhodai BPC HIPMI Pekanbaru". riauin.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-27. 
  6. ^ "Terkait Perpanjangan PPKM, Pengusaha di Pekanbaru Minta Pemerintah Cari Alternatif Lain". TribunPekanbaru Travel. Diakses tanggal 2024-03-27. 
  7. ^ "Pengusaha di Pekanbaru Sambut Baik Pembatalan PPKM Level 3, Oka: Momentum Pemulihan Ekonomi". cakaplah.com. Diakses tanggal 2024-03-27. 
  8. ^ "ICCN - Indonesia Creative Cities Network". iccn.or.id. Diakses tanggal 2024-03-27. 
  9. ^ "Rizky Bagus Oka Terpilih Aklamasi Jadi Ketum Kadin Pekanbaru". berazam.com. Diakses tanggal 2024-03-27. 
  10. ^ Yaman, Edwar. "Kadin Pekanbaru MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota - Riau Pos". Kadin Pekanbaru MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota - Riau Pos. Diakses tanggal 2024-03-27.