Rio-rio tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rio-rio tiongkok
Eophona migratoria
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22720684
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliFringillidae
GenusEophona
SpesiesEophona migratoria
Hartert, 1903
Tata nama
Sinonim takson
  • Coccothraustes migratorius (Hartert, 1903)

Rio-rio tiongkok ( Eophona migratoria ) adalah spesies burung pipit dalam keluarga Fringillidae . [2]

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Subspesiesnya meliputi: [3] [4]

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Spesies ini terdapat di Timur Jauh Rusia, Cina, Manchuria dan Korea . Ia hidup di hutan, hutan campuran dan hutan bambu di daerah perbukitan dan pegunungan: tidak takut pada manusia dan juga masuk ke kebun dan kebun buah-buahan.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Eophona migratoria berukuran panjang antara delapan belas dan dua puluh sentimeter, dengan lebar sayap 23–24 cm dan berat 55-60 g. Penampilannya sangat besar, seperti ciri khas burung kutilang, dengan kepala yang besar. Paruhnya sangat kuat dan berbentuk kerucut. Warna paruhnya kuning (oleh karena itu sering disebut rio-rio paruh kuning) dengan ujung berwarna hitam. Tubuhnya berwarna abu-abu seragam, lebih gelap di bagian punggung dan sayap, serta lebih terang dan cenderung keperakan di bagian perut, dengan aksen corak coklat di bagian samping. Sayapnya berwarna hitam dengan bintik putih membulat di ujungnya. Ekornya berwarna hitam, warna daging kakinya pucat, dan matanya berwarna coklat. Dimorfisme seksual hadir. Topeng kepala pada betina berwarna abu-abu dan tidak hitam seperti pada jantan.

Biologi[sunting | sunting sumber]

Eophona migratoria berkembang biak di hutan beriklim sedang dan musim dingin di bagian selatan Cina dan Jepang, Taiwan, dan Asia Tenggara bagian utara. Sarangnya berbentuk cangkir dan dibangun oleh betina di antara pepohonan, di vegetasi yang paling lebat: di dalamnya biasanya terdapat 4 butir telur berwarna kebiruan dengan bintik-bintik coklat, yang ditetaskan sendiri (dengan jantan yang menyediakan makanan) hingga 12-13 hari. Anak-anaknya diberi makan oleh kedua orang tuanya dan dapat terbang pada usia 12-14 hari, namun mereka cenderung tinggal bersama orang tuanya selama 2-3 minggu lagi. Di luar musim kawin, burung ini cenderung hidup dalam kelompok kecil yang terdiri dari sekitar sepuluh ekor, bergerak di antara pepohonan untuk mencari makan, jarang turun ke tanah. Burung-burung ini adalah hewan granivora, terutama memakan biji-bijian yang dapat mereka pecahkan tanpa masalah berkat paruhnya yang kuat dan kokoh :. Mereka dapat makan tanpa masalah pada bahan lain yang berasal dari tumbuhan (kecambah, beri, buah-buahan), sementara jarang terlihat mereka memakan makanan yang berasal dari hewan (terutama serangga).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Eophona migratoria". 2016: e.T22720684A94677774. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22720684A94677774.en. 
  2. ^ Catalogue of life
  3. ^ IOC - Finches, euphonias, longspurs, Thrush-tanager
  4. ^ Avibase