Rikshospitalet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Oslo University Hospital,
Rikshospitalet
(The National Hospital)
Oslo University Hospital
OUS logo eng.jpg
Rikshospitalet Oslo.jpg
Rikshospitalet is located in Norwegia
Rikshospitalet
Geografi
Lokasi Gaustad, Oslo, Norwegia
Organisasi
Sistem perawatan Southern and Eastern Norway Regional Health Authority
Jenis rumah sakit Teaching
Afiliasi University of Oslo
Layanan
UGD Yes
Landasan helikopter ICAO: ENRH
Ranjang 585
Sejarah
Didirikan 1826
Pranala
Situs web http://www.rikshospitalet.no

Rumah Sakit Universitas Oslo, Rikshospitalet adalah salah satu dari empat kampus utama Rumah Sakit Universitas Oslo di Oslo, Norwegia. Rumah sakit independen ini dinamakan Rigshospitalet, kemudian dieja Rikshospitalet (rumah sakit nasional) dari tahun 1826 hingga 2009, ketika bergabung dengan Rumah Sakit Universitas Oslo.

Rumah sakit ini adalah rumah sakit universitas khusus dengan tugas khusus dalam penelitian dan pengembangan metode-metode baru dari perawatan. Rikshospitalet adalah bagian dari Otoritas Kesehatan Daerah Selatan dan Timur Norwegia dan berafiliasi dengan Universitas Oslo.

Sekitar 60% dari pasien mengakui bahwa Rikshospitalet dirujuk dari rumah sakit lain di Norwegia untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Di Norwegia, Rikshospitalet memainkan peranan penting dengan pengetahuan ahli dalam hal pengobatan langka dan gangguan rumit. Rikshospitalet mencakup seluruh negara di berbagai bidang, termasuk organ dan transplantasi sumsum tulang, bedah saraf canggih, dan pengobatan anak-anak dengan cacat bawaan. Rikshospitalet juga bertanggung jawab untuk perawatan kesehatan untuk Keluarga Kerajaan Norwegia.

Rikshospitalet (2005) mempunyai 585 tempat tidur. Rumah sakit ini ini terkenal karena arsitekturnya. Rikshospitalet bergabung di (2005) dengan Rumah Sakit Radium Norwegia untuk membuat Rikshospitalet–Radiumhospitalet. Kemudian, pada Oktober 2007 notasi diubah menjadi "Rikshospitalet HF" (Rikshospitalet, Radiumhospitalet, Geilomo, Strålesatelitt ved Sykehuset Innlandet, Hjertesenteret i Oslo, Epilepsisenteret SSE, Spesialsykehuset for rehabilitering i Stavern, Voksentoppen, Spesialsykehuset for rehabilitering i Kristiansand, Nordagutu opptreningssenter og kvinneklinikken Føderiket), masing-masing dengan mereka sendiri yang khas, sekarang di bawah "merk" yang sama.

Rumah sakit adalah perhentian terakhir di Jalur Ullevål Hageby dari Trem Oslo. Stasiun Rikshospitalet dilayani oleh jalur 17 dan 18. Heliport Oslo, Rikshospitalet (ICAO: ENRH) memeiliki ukueran 20,55-meter (67,4 ft) dan diameter helipad 20 meter (66 ft) dari departemen darurat.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rumah sakit ini sebelumnya terletak di antara Ullevålsveien dan ruang bersantai eksekutif—jalan di Oslo.

Pada 1 April 1944 sebuah stasiun radio perlawanan yang terletak di loteng dari Klinik Perempuan digerebek pada tanggal 1 April 1944.[2] (Knut Haugland menembak empat orang dan melarikan diri.[3])

Pindah ke lokasi saat ini pada tahun 1999.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Landingsforhold ved sykehus" (PDF) (dalam bahasa Norwegian). Norwegian Air Ambulance. hlm. 26. Diakses tanggal 28 November 2014. 
  2. ^ Njølstad p.181
  3. ^ Njølstad p.182