Richard Felton Outcault

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Richard Felton Outcault adalah seorang kartunis Amerika pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, yang terkenal karena menciptakan karakter kartun "The Yellow Kid" dan "Buster Brown".

Ia lahir pada 14 Januari 1863 di Lancaster, Ohio dan lulus dari bidang seni di Universitas McMicken di Cincinnati pada tahun 1881.

Pada tahun 1894, The New York World mempekerjakan Outcault untuk membuat kartun berita komik yang pertama kali menampilkan karakter "The Yellow Kid". Kartun tersebut kemudian menjadi sangat populer dan membantu mempopulerkan format kartun berita di Amerika Serikat.

Pada 1902, Outcault menciptakan karakter kartun "Buster Brown" untuk halaman iklan sepatu. Kartun tersebut sering kali muncul di majalah dan surat kabar, dan membawa kesuksesan yang besar bagi Outcault.

Outcault dikenal sebagai salah satu kartunis pertama yang menciptakan karakter kartun yang menjadi ikonik di dunia komik dan berkontribusi pada perkembangan media massa. Ia meninggal pada 25 September 1928 di Flushing, New York.