Reza Mustofa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Reza Mustofa
Informasi pribadi
Nama lengkapReza Mustofa Ardiansyah
Tanggal lahir11 September 1989 (umur 29)
Tempat lahirJember, Indonesia
Tinggi1,70 m (5 ft 7 in)
Posisi bermainPenyerang
Informasi klub
Klub saat iniGresik United
Nomor50
Karier junior
2003PSIL Lumajang
2009-2010Persema Malang
Karier senior*
TahunTimTampil(Gol)
2003PSIL Lumajang
PS Mojokerto Putra
Persewangi Banyuwangi
Pesik Kuningan
2010-2012Persema Malang
2012-Arema Cronous0(0)
2014-Gresik United (pinjam)5(1)
* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik dan akurat per 4 Maret 2014.

Reza Mustofa Ardiansyah (lahir di Jember, Jawa Timur, 11 September 1989; umur 29 tahun)[1] adalah seorang pemain sepak bola Indonesia. Saat ini ia bermain untuk Gresik United di Liga Super Indonesia. Reza adalah pemain muda yang direkrut Aji Santoso dari Persema U-21 pada musim kompetisi 2009-2010 di putaran kedua. Posisinya dalam bermain sebagai striker.

Perjalanan karier[sunting | sunting sumber]

Siapa sangka bagi Reza sepak bola bukanlah olahraga utama yang digemarinya. Sebelumnya, dia justru lebih piawai di bulu tangkis. "Hampir setiap hari saya main badminton di lapangan desa. Kadang sampai larut," tandas pemuda yang lahir di Jember itu. Karena kegemarannya bermain olahraga tepuk bulu angsa itu, ia pun bergabung dengan klub lokal Lumajang. Selama dua tahun ia masuk klub lokal bulu tangkis di Lumajang prestasinya mulai moncer. Beberapa penghargaan ia raih, mulai ajang pekan olahraga pelajar daerah (Popda) sampai level nasional. Reza pun mengembangkan karier dengan hijrah ke Surabaya.

Tapi garis hidup Reza ternyata bukan di bulu tangkis. Setelah dua tahun menekuni olahraga badminton itu, dia menjajal peluang masuk tim sepak bola. Pada usia 14 tahun, Reza mengikuti seleksi PSIL Lumajang. "Saya miir iseng saja waktu itu. Toh, sepak bola hanya hobi," kata anak kedua di antara tiga bersaudara tersebut.

Berawal dari iseng, Reza justru menuai hasil luar biasa. Dia terjaring masuk skuat PSIL Lumajang untuk berlaga di kompetisi Divisi Dua musim 2003. Meski masuk sebagai Pemain sepak bola, ia masih tetap menjalani rutin di olahraga bulu tangkis hingga akhirnya memutuskan fokus ke sepak bola. Pilihannya fokus ke sepak bola itu atas saran dari sang ayah yang sehari-harinya sebagai guru olahraga. Setelah lepas dari PSIL Lumajang, karier Reza terus berkembang. Dia berpindah-pindah klub. Mulai Mojokerto Putra, Pesik Kuningan, Persewangi Banyuwangi, Persema Malang, Arema FC hingga Gresik United.

Reza tak pernah belajar secara khusus soal permainan sepak bola. "Saya belajar bukan di SSB, tetapi dari bal-balan (sepak bola) desa. Uniknya yang mengajarinya bermain sepak bola bukan dari seorang pelatih, tetapi dia adalah tukang becak. Namanya Jumari, dialah yang ngajari saya dasar passing dan ball keeping," ungkapnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Sumber lain tentang Reza Mustofa diambil dari Harian Jawa Pos edisi Selasa, 26 Oktober 2010