RevPAR

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

RevPAR (bahasa Inggris: Revenue per Available Room — Pendapatan per Jumlah Kamar Tersedia) adalah sebuah istilah di industri perhotelan yang merupakan hasil perhitungan keseluruhan pendapatan penjualan kamar berbagi dengan jumlah kamar yang tersedia di hotel tersebut.[1][2]

Oleh karena RevPAR merupakan hasil perhitungan dalam kurun waktu tertentu (harian, bulanan, atau tahunan), perbandingan dilakukan dengan kurun waktu yang sesuai. Indeks ini sering kali digunakan untuk melakukan perbandingan dengan kompetitor dalam suatu area yang ditentukan atau satuan perbandingan yang ditentukan tersendiri oleh hotel manager atau pemilik usaha. Perbandingan juga sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan tipe hotel, atau jenis pelanggan yang sesuai. (contoh hotel mewah, hostel, hotel ekonomi).

Beberapa perusahaan pengolah informasi melakukan pengumpulan data melalui berbagai survei sukarela, dan menyajikan kembali kumpulan data yang didapat kepada komunitas industri. STAR report merupakan laporan yang digunakan secara luas dan disiapkan oleh Smith Travel Research.

Perhitungan[sunting | sunting sumber]

RevPAR = Room Revenue / Room Available
  • Room Revenue: Pendapatan penjualan kamar
  • Room Available: Jumlah kamar yang dimiliki

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • ADR, Tarif rata-rata harian

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Revenue Per Available Room - RevPAR". Investopedia. Diakses tanggal 25 February 2015. 
  2. ^ Mauri, A. G. (2012), Hotel Revenue Management: Principles and Practices, Pearson, ISBN 978-88-6518-146-1, pp. 27-38.