Resep obat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Obat resep (juga obat resep atau obat resep) adalah obat farmasi yang secara hukum memerlukan resep medis untuk dibagikan. Sebaliknya, obat bebas dapat diperoleh tanpa resep dokter. Alasan untuk perbedaan ini dalam pengendalian zat adalah potensi ruang lingkup penyalahgunaan, dari penyalahgunaan obat-obatan ke praktek kedokteran tanpa lisensi dan tanpa pendidikan yang memadai. Yurisdiksi yang berbeda memiliki definisi yang berbeda tentang apa yang merupakan obat resep.

Rx "(℞) sering digunakan sebagai bentuk singkat untuk obat resep di Amerika Utara - kontraksi dari kata Latin" resep "(bentuk imperatif" penerima ") yang berarti" minum ". [1] Obat resep sering dibagikan bersama dengan monograf (di Eropa, Leaflet Informasi Pasien atau PIL) yang memberikan informasi terperinci tentang obat.

Penggunaan obat resep telah meningkat sejak 1960-an.

Di Australia, Standar Penjadwalan Seragam Obat dan Racun (SUSMP) mengatur pembuatan dan penyediaan obat-obatan. Di Inggris, Undang-Undang Obat-obatan tahun 1968 dan Perintah Obat Saja (Penggunaan Manusia) 1997 memuat peraturan yang mencakup penyediaan penjualan, penggunaan, peresepan, dan produksi obat-obatan. Ada tiga kategori obat:

Obat-obatan yang hanya diresepkan (POM), yang dapat dibagikan (dijual dalam kasus resep pribadi) oleh seorang apoteker jika mereka diresepkan oleh seorang resep dokter.

Obat-obatan farmasi (P), yang dapat dijual oleh apoteker tanpa resep dokter.

Obat daftar penjualan umum (GSL), yang dapat dijual tanpa resep di toko mana pun.

Kepemilikan obat yang hanya diresepkan tanpa resep adalah sah kecuali dicakup oleh Undang-Undang Penyalahgunaan Narkoba 1971.

Di Amerika Serikat, Undang-Undang Makanan, Obat-Obatan, dan Kosmetik Federal mendefinisikan zat apa yang memerlukan resep untuk dikeluarkan oleh apotek. Pemerintah federal memberi wewenang kepada dokter (untuk spesialisasi apa pun), asisten dokter, praktisi perawat, dan perawat praktik lanjutan lainnya, dokter hewan, dokter gigi, dan dokter mata untuk meresepkan zat apa pun yang dikendalikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Referensi

1.Crane, Gregory R. "Perseus 4.0 (Perseus Hopper)". Retrieved 19 January 2014.

2."The Poisons Standard (the SUSMP)". Therapeutic Goods Administration. Retrieved 17 September 2011.

3. "About Registration: Medicines and Prescribing". Health and Care Professions Council. Retrieved 15 February 2015.

4."Other drug laws". Home Office. Archived from the original on 19 April 2010.

5. "Prescription costs". NHS Choices. Retrieved 21 December 2014.