Rencana lima tahun bagi perekonomian nasional Uni Soviet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Rencana lima tahun bagi perekonomian nasional Uni Soviet (Rusia: Пятиле́тние пла́ны разви́тия наро́дного хозя́йства СССР, Pjatiletnije plany razvitiya narodnogo khozyaystva SSSR) adalah istilah yang mengacu kepada sejumlah rencana ekonomi yang tersentralisasi yang mulai dikeluarkan pada akhir tahun 1920-an di Uni Soviet. Rencana ini dikembangkan oleh komite Gosplan berdasarkan teori tenaga produktif yang menjadi bagian dari ideologi ekonomi Partai Komunis Uni Soviet.

Beberapa rencana lima tahun yang dikeluarkan oleh Soviet tidak dijalankan sampai akhir periode yang ditetapkan: beberapa dianggap sudah terwujud lebih awal dari yang diperkirakan, sementara ada pula yang gagal dan ditinggalkan. Secara keseluruhan, Gosplan pernah mengeluarkan tiga belas rencana lima tahun. Pada mulanya rencana lima tahun ingin melakukan industrialisasi dengan cepat, sehingga rencana tersebut dititikberatkan pada industri berat. Rencana pertama yang disetujui pada tahun 1928 untuk periode 1929-1933 diselesaikan satu tahun lebih awal. Rencana lima tahun yang terakhir berlaku untuk periode 1991 hingga 1995, tetapi tidak dituntaskan karena Uni Soviet dibubarkan pada tahun 1991.

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Lynn Hunt et al., The Making of the West, Peoples and Cultures: A Concise History (Since 1340), 3rd ed., vol. 2 (Boston: Bedford/St. Martins, 2010)