Regnier (850-915)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Reignar I
Adipati Lorraine
Comte Hainaut
Pasangan Hersinda
Anak
Gilbert dari Lorraine
Regnier II
Seorang putri
Gelar
Adipati Lorraine
Keluarga bangsawan Wangsa Reginar
Bapak Giselbert dari Maasgau
Lahir 850
Meninggal 915 (usia 65)

Regnier I[1] (skt. 850 – 915)[2] merupakan Adipati Lorraine dari tahun 910 sampai kematiannya. Ia berasal dari keluarga Wangsa Reginar, sebuah keluarga bangsawan Lorraine dan ia adalah cucu laki-laki kaisar Lothair I.

Ayahandanya adalah Gilbert, Comte Maasgau, dan seorang putri Lothair I yang namanya tidak diketahui (diduga salah satu yang bernama Hiltrude, Bertha, Irmgard, atau Gisela).

Ia menggantikan ayahandanya di Maasgau dan pejabat kepala biara di Echternach di antara 897 dan 915, di Maastricht dari sebelum Mei 898, dan Stavelot dan Malmedy di antara tahun 900 dan 902.

Ia menjabat sebagai Comte Mons dan Comte Liège ketika di tahun 870 ia dan Franco, Keuskupan Liège, memimpin pasukan melawan Viking di Walcheren. Ia sebagai Adipati Hesbaye dan Hainault, dan Radbold memimpin pasukan Bangsa Frisia melawan pasukan Rollo beberapa saat kemudian, namun terpaksa kembali ke benteng-bentengnya.

Di tahun 877 Kapitulasi Quierzy, ia muncul bersama ayahandanya sebagai salah satu pemangku takhta kerajaan selama ketidakhadiran Karl yang Botak untuk kampanyenya di Italia. Seseorang yang bernama Regnier muncul di Pengepungan Paris di tahun 886, namun diduga ini adalah pamanda atau keponakan. Nama "Regnier" atau "Reginhar" (atau Rainier) merupakan nama yang sering dipakai di dalam keluarganya.

Regnier awalnya mendukung Zwentibold di tahun 895, namun ia meninggalkan raja tersebut di tahun 898. Ia dan beberapa tokoh terkemuka yang menjadi kunci pemilihan Zwentibold tiga tahun sebelumnya kemudian mengambil kesempatan yang diberikan oleh kematian Eudes dari Francia Barat untuk mengundang Charles yang Sederhana untuk menjadi raja di Lotharingia. Wilayah-wilayahnya di sita, namun ia menolak untuk menyerahkannya dan mencokolkan dirinya sendiri di Durfost, Maastricht hilir. Perwakilan Karl, Zwentibold, dan Arnolf dari Kärnten bertemu di Sankt Goar dan menetapkan bahwa suksesi harus jatuh ke tangan Ludwig IV. Zwentibold tewas terbunuh oleh Regnier di dalam sebuah pertempuran di bulan Agustus 900.

Awalnya, Ludwig tampak menentang Regnier ketika ia menunjuk Gebhard sebagai wwakilnya di Lotharingia, namun keduanya tidak pernah berperang. Di tahun 908, Regnier mengambil Hainault setelah kematian Sigard. Kemudian setelah kematian Gebhard di tahun 910, di dalam sebuah pertempuran melawan Bangsa Hongaria, Regnier muncul sebagai ahli warisnya. Ia memimpin para tokoh terkemuka menentang Konrad I dari Jerman dan memilih Charles yang Sederhana sebagai raja mereka. Ia diberikan gelar marchio oleh Charles di tahun 915. Ia tidak pernah muncul sebagai Adipati Lorraine, namun yang pasti ia menjadi komandan militer wilayah kekuasaan Charles. Ia sendiri digantikan oleh putranya, Gilbert; namun wangsa Reginar tidak berhasil membangun supremasi mereka di Lotharingia seperti Wangsa Ottonian atau Wangsa Luitpolding lakukan di kadipaten-kadipaten Sachsen dan Bayern.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Dengan istrinya Hersinda (atau Alberada), yang mendahuluinya, mereka memiliki keturunan sebagai berikut:

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Reuter, Timothy. Germany in the Early Middle Ages 800–1056. New York: Longman, 1991.
  • Reuter, Timothy (trans.) The Annals of Fulda. (Manchester Medieval series, Ninth-Century Histories, Volume II.) Manchester: Manchester University Press, 1992.
  • Jean Baptiste David. Manuel de l'histoire de Belgique Vanlinthout, (1853) p.171 et seq. (in French)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ His nickname is variously given in other languages as Langhals, au Long Cou, au Longue Col, Collo-Longus, or Longi-colli. Nevertheless, this nickname does not appear in primary sources and in fact refers to his eponymous grandson and great-grandson.
  2. ^ He died at Meerssen between 25 August 915 and 19 January 916. Some sources push the latest possible death date back to 15 November 915.
Didahului oleh:
title created
Comte Hainaut
?–898
Diteruskan oleh:
Sigard
Didahului oleh:
Hagano
Comte Hainaut
908–915
Diteruskan oleh:
Regnier II
Didahului oleh:
Gebhard
Adipati Lorraine
910–915
Diteruskan oleh:
Gilbert