Reformasi emansipasi 1861

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah lukisan 1907 karya Boris Kustodiev yang menggambarkan hamba-hamba tani Rusia menyimak proklamasi Manifesto Emansipasi pada 1861

Reformasi Emansipasi 1861 di Rusia (bahasa Rusia: Крестьянская реформа 1861 год, Krestyanskaya reforma 1861 goda, artinya: "Reformasi Petani 1861") adalah reformasi liberal pertama dan yang paling berpengaruh yang diberlakukan pada masa pemerintahan Tsar Aleksander II dari Rusia (1855-1881). Reformasi tersebut secara efektif menghapuskan perhambaan tani di seluruh Kekaisaran Rusia.

Manifesto Emansipasi 1861 memproklamasikan kesetaraan hamba tani di tanah pribadi dengan hamba rumah tangga. Dengan dilancarkannya reformasi ini, lebih dari 23 juta orang meraih kebebasannya.[1] Para hamba tani meraih hak warga negara bebas secara utuh, termasuk hak untuk menikah tanpa perlu mendapatkan persetujuan dan hak untuk memiliki harta benda dan usaha. Manifesto tersebut menyatakan bahwa kaum petani dapat membeli lahan dari tuan-tuan tanah. Namun, hamba rumah tangga tidak terlalu terpengaruh: mereka hanya meraih kebebasan mereka dan tidak mendapatkan lahan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mee, Arthur; Hammerton, J. A.; Innes, Arthur D.; Harmsworth History of the World: Volume 7, 1907, Carmelite House, London; at page 5193.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]