Refan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Refan (hrem-'fan) adalah sebuah figur yang dideskripsikan sebagai "bintang dewa yang kau buat patung-patungnya untuk disembah" dalam Kisah Para Rasul 7:43.

Analisis[sunting | sunting sumber]

Refan adalah sebuah pengucapan Yunani kuno: ρεμφαν. Berbagai manuskrip memakai transliterasi lainnya, seperti bahasa Yunani Kuno: Ῥομφά, Ῥεμφάν, Ῥεμφάμ, Ῥαιφάν, dan Ῥεφάν. Istilah tersebut adalah bagian dari sebuah rujukan kepada Amos 5:26, yang dibaca dalam bahasa Ibrani menjadi "Chiun", "Kewan", atau "Kijun". Bacaan Septuaginta dari Amos adalah "raiphan" atau "rephan". Bentuk Yunani-nya berdasarkan pada transliterasi Ibrani, k (qoppa) yang digantikan dengan r (resh) dan ph digantikan dengan v (yod). "kewan", adalah pengucapan lain dari kata Persia Lama dari Kayvan, yang artinya Saturnus.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dehkhoda Dictionary "Online". No other meaning is given.
  2. ^ Moin, Mohammad, (1997). Farhang-e Farsi (Persian Dictionary), Volume 6, p. 1644, Tehran, Amirkabir, ISBN 964-00-0164-3. No other meaning is given.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  •  Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Remphan". Encyclopædia Britannica. 23 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 82.