Reduction print

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Reduksi cetak atau reduction print adalah cetakan film berukuran lebar yang dikonversi menjadi ukuran lebih kecil (sebagai contoh, cetakan ukuran 70mm diubah menjadi 35mm). Seringkali hal ini diperlukan karena tidak semua bioskop memiliki layar dengan ukuran yang dibutuhkan untuk menayangkan sebuah film dalam format besar, atau memang karena keterbatasan peralatan proyeksi.[1] Hal ini terutama berlaku untuk beberapa layar di teater multipleks. Di masa lalu, memang benar kawasan gedung bioskop lebih banyak berada di luar pusat kota.

Sebaliknya, "blow-up print" adalah film format reguler yang dikonversi ke ukuran lebih besar (yaitu 35mm menjadi 70mm). Ini pernah sering dilakukan sehingga film "berukuran biasa" tampak lebih mengesankan di layar seperti di layar bioskop.[2][3]

Dalam relief printing, reduksi cetakan merupakan cetakan multiwarna yang warnanya terpisah dicetak dari blok yang sama pada tahap yang berbeda. Biasanya warna paling cerah dari desain dicetak pertama, kemudian blok direduksi melalui pahatan atau ukuran pada area di mana para seniman ingin mencetak warna kedua, dan jadi keempat.

Kerugian dari pencetakan reduksi yang berlawanan dengan pencetakan dari beberapa blok adalah bahwa begitu warna pertama dicetak, matriks untuk itu hancur dalam pembuatan matriks cetak untuk warna kedua. Tidak mungkin lagi membatalkan kesalahan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Widescreen Museum http://www.widescreenmuseum.com/ diakses 31 2017
  2. ^ In 70mm http://www.in70mm.com/library/blow_up/index.htm diakses 31 2017
  3. ^ Ross, John; Clare Romano (1991). The Complete Printmaker. Free Press. ISBN 0-02-927372-2.