Rebo Kasan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Rebo Kasan adalah upacara tradisional yang diadakan sebagai ritual tolak bala yang dilaksanakan setiap bulan Syafar Tahun Hijriah di setiap hari Rabu terakhir oleh masyarakat Bangka tepatnya di wilayah Desa Air Anyir Kecamatan Merawang termasuk dusun Temberan, dan dusun Mudal yang merupakan dusun terletak di tepi pantai.

Asal kata Rebo Kasan berasal dari kata Rabu Kasat yang artinya terakhir.  Upacara tersebut diadakan bertujuan untuk memohon pertolongan Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari berbagai bencana.  Dihari upacara diadakan, masyarakat berkumpul membaca doa bersama. [1]

Dalam setiap pelaksanaan upacara Rebo Kasan, perlengkapan telah disiapkan satu hari sebelumnya dengan membawa seperangkat makanan yang ditaruh di atas dulang, ketupat lepas dan air wafak yang diadakan di tepi pantai atau di ujung batas kampung untuk melakukan ritual tolak bala tersebut.  Dalam perkembangannya, upacara dilakukan di Mesjid kemudian mereka membuang ketupat lepas yang terurai di tengah laut.[2]

Pada awalnya Rebo Kasan dilaksanakan oleh tokoh masyarakat, pemuka agama dan warga masyarakat dengan kontribusi biaya secara mandiri, namun saat ini Pemerintah Kabupaten Bangka menjadikan Rebo Kasan sebagai kegiatan tahunan yang menunjang aktifitas pariwisata Kabupaten Bangka sendiri sehingga  ikut melibatkan unsur pemerintah setempat dan masuk dalam anggaran pemerintah Kabupaten Bangka.

Secara garis besar ada dua rangkaian kegiatan budaya yang dilakukan di setiap pelaksanaan upacara Rebo Kasan, yaitu ritual tolak bala dan tradisi nganggung. Selain itu upacara tersebut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan berupa perlombaan dan hiburan rakyat misalnya lomba kholifah tahlilan oelh ibu majelis ta'lim, lomba cerdas cermat agama Islam untuk para pelajar, dan pentas seni budaya.

Persiapan Upacara[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Upacara Rebo Kasan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung" (PDF). 
  2. ^ Setiati, Dwi, 1957-. Upacara rebo kasan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (edisi ke-Cetakan I). [Tanjungpinang]. ISBN 9789791281324. OCLC 857585676.