Raymonde de Laroche

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Raymonde de Laroche pada Agustus 1909.
Raymonde La Roche pada Agustus 1909

Raymonde de Laroche (22 Agustus 1882 - 18 Juli 1919), lahir dengan nama Elise Raymonde Deroche, adalah seorang pilot berkebangsaan Prancis dan perempuan pertama yang mendapatkan lisensi penerbangan pesawat udara.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Lahir pada 22 Agustus 1882 di Paris, Elise Raymonde Deroche adalah anak seorang tukang ledeng. Semasa kecilnya, Elise menggemari olahraga dan pada usia dewasa ia menyukai hal-hal yang berkaitan dengan otomotif. Waktu muda ia sempat menjadi aktris dan mulai menggunakan nama "Raymonde de Laroche" sebagai nama panggung. Terinspirasi pada demonstrasi mesin terbang Wright Bersaudara pada tahun 1908 di desa Le Mans, Elise kemudian bertekad untuk menjadi seorang pilot. Ia mendatangi Charles Voisin, seorang pionir dalam pembuatan pesawat terbang, dan meminta Voisin untuk melatih dirinya menjadi seorang penerbang. Pada 22 Oktober 1909, Elise berhasil menjadikan dirinya sebagai menjadi pilot perempuan pertama di dunia.[1]

Pengalaman terbang[sunting | sunting sumber]

Elise mengalami kecelakaan terbang setelah 10 minggu sejak penerbangan pertamanya karena ekor pesawat yang diterbangkannya menabrak pohon saat mendarat. Kejadian ini tidak membuatnya gentar. Ia kembali terbang dan mengikuti kontes terbang di Mesir bersama kelompok Voisin dan berhasil meraih tempat ke-enam di Egyptian Grand Prix. Sepulang dari sana, pada 1910 Elise berhasil lolos ujian terbang Aero Club France dan menjadi perempuan pertama yang memegang lisensi pilot. Tak lama setelah itu, setidaknya empat perempuan lain mengikuti jejak Elise mendapatkan lisensi pilot.

Selanjutnya Elise terbang ke St. Petersburg di Rusia dan orang-orang Rusia menjulukinya sebagai "Barrone de Larcohe." Meski bukan berasal dari kalangan aristrokat, julukan ini terus melekat pada identitasnya.[2]

Sepanjang kariernya, Elise beberapa kali mengalami kecelakaan terbang. Antara lain dalam sebuah kontes terbang di Budapest dan di Prancis saat ia menabrak pesawat lain. Ia terluka cukup parah namun tetap bisa melanjutkan kariernya. Namun pada tahun 1912, ia mengalami kecelakaan mobil yang mengakibatkan ia terluka parah. Elise selamat, namun penumpang lainnya yakni Voisin, meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut.

Setelah pulih, Elise kembali terbang dan menjuarai kontes terbang untuk perempuan yang diadakan oleh Aero Club of France dan Coupe Femina. Ia juga sempat menjadi pilot angkatan udara Prancis sebelum Perang Dunia I dimulai. Semasa perang, semua pilot perempuan dilarang menerbangkan pesawat dan Elise akhirnya menjadi sopir untuk pegawai militer.

Setelah perang berakhir, pada 1919 Elise kembali terbang di udara dan menjadi pilot perempuan pertama yang mencapai ketinggian terbang 12.869 kaki dan kelak juga memecahkan rekor ketinggian terbang yang sebelumnya dibuat pilot perempuan Amerika, Ruth Law, dengan ketinggian mencapai 15.700 kaki.[1]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada musim panas 1919, Elise bersukarela menjadi ko-pilot untuk uji terbang pesawat baru di Le Crotoy, Picady, Prancis Utara. Pesawat itu jatuh dan menewaskan Elise dan pilot lainnya. Elise meninggal pada usia 32 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "No. 1813: Raymonde de Laroche". www.uh.edu. Diakses tanggal 2018-03-14. 
  2. ^ "Raymonde de Laroche". airbusgroup (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-14.