Rano Raraku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Moai Rano Raraku

Rano Raraku ialah kawah vulkanik yang terbentuk dari abu yang mengeras, dan terletak di Pulau Paskah, Chili. Merupakan tambang di mana sekitar 95% pahatan monolit pulau (Moai) terpahat.

Sisi kawah Rano Raraku tinggi dan curam kecuali di utara dan barat laut yang lebih rendah dan miring. Bagian dalamnya mengandung danau air bersih yang dibatasi alang-alang yang disebut tortora (Scripus sp.). Alang-alang itu pernah dipercaya telah dibawa ke pulau ini oleh para penjelajah dari daratan Amerika Selatan, kini diketahui telah terbentuk secara alami sekitar 30.000 tahun lalu.

Rano Raraku terbagi atas 5 zona arkeologis, dan dari 1981 sejumlah 397 patung diinventarisir ke dalam dan lereng luar dan di penggalian luarnya. Penggalian di luarnya-yang kini telah dipetakan-akan menambah jumlah patung sampai banyak saat kerja itu diselesaikan. Penggunaan Rano Raraku sebagai penggalian berentang waktu 500-1000 tahun, dan kemudian meluas ke masa pasca kontak setelah bangsa Eropa menemukan pulau ini pada 1722. Rano Raraku ialah catatan visual dari kosakata rancangan patung dan inovasi teknologi, dan menjadi bagian berharga dan penting atas warisan leluhur Rapanui.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • P.E. Baker (1968) "Preliminary Account of Recent Geological Investigations on Easter Island." Geological Magazine 104 (2): 116-122
  • J.R. Flenley, S.M. King, J.T. Teller, M.E. Prentice, J. Jackson and C. Chew (1991). "The Late Quarternary Vegetational and Climatic History of Easter Island." Journal of Quartrnary Science 6:85-115.