Ranggung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ranggung
Eastern great egret (Ardea alba modesta)
Eastern great egret (Ardea alba modesta)
Klasifikasi ilmiah
Kelompok yang termasuk

Egretta
Ardea
Bubulcus
Mesophoyx

Kelompok yang tidak termasuk

Nycticorax
Nyctanassa
Gorsachius
Butorides
Agamia
Pilherodius
Ardeola
Syrigma

Ranggung ( /ˈɡrəts/ EE-grəts ) adalah kuntul, umumnya burung air berkaki panjang, yang memiliki bulu berwarna putih atau kekuning-kuningan, mengembangkan bulu-bulu halus (biasanya putih susu) selama musim kawin. Ranggung bukanlah kelompok yang berbeda secara biologis dari kuntul dan memiliki bentuk tubuh yang sama.

Biologi[sunting | sunting sumber]

Banyak burung ranggung yang merupakan anggota genera Egretta atau Ardea, yang juga mengandung spesies lain yang disebut sebagai bangau, bukan kuntul. Perbedaan antara kuntul dan ranggung agak kabur, dan lebih bergantung pada penampilan dibandingkan biologi. Dalam bahasa inggris, burung ranggung dikenal dengan nama"egret" yang berasal dari kata Perancis aigrette yang berarti "bangau perak" dan "sikat", mengacu pada bulu panjang berserabut yang tampak mengalir di punggung ranggung selama musim kawin (juga disebut "kuntul").

Habitat[sunting | sunting sumber]

Ranggung menghuni semua benua; meskipun mereka biasanya menghindari daerah terdingin, gurun gersang, dan pegunungan yang sangat tinggi. Mereka berburu dan hidup di rawa air asin dan air tawar.[1]

Dalam Alkitab[sunting | sunting sumber]

Burung ranggung termasuk burung pengarung dan mengetahui musimnya untuk berpindah. Hal ini menjadi perbandingan bagi nabi Yeremia untuk mengecam Israel yang tidak mengetahui hukum Tuhan (Yer 8:7; bdk. Yes 1:2-3 yang memberi perbandingan dengan lembu dan keledai). Burung ranggung terbang melintasi Palestina dalam jumlah besar antara bulan Februari-Mei. Habitatnya adalah pohon-pohon sanobar yang di samping pohon aras menjadi kemuliaan Libanon (Mzm 104:17).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Cornell Lab of Ornithology. "Egret". All About Birds. Cornell University. Diakses tanggal 11 August 2015.