Ramose (TT55)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambaran Ramose di makamnya

Ramose adalah Wazir Mesir Kuno pada masa pemerintahan Amenhotep III dan Akhenaten. Ia menjabat pada dekade terakhir pemerintahan Amenhotep III dan pada awal pemerintahan raja terakhir. Ramose muncul pada label kendi yang ditemukan di istana raja Amenhotep III di Malkata. Di sini muncul juga wazir Amenhotep-Huy. Kedua wazir juga ditampilkan berdampingan di kuil Soleb. Di Kerajaan Baru, jabatan wazir dibagi menjadi wazir utara dan selatan. Tidak sepenuhnya jelas apakah Ramose adalah wazir selatan atau utara.[1]

Ramose berasal dari keluarga terpandang, ayahandanya adalah walikota Memphis Heby, yang menjabat pada awal pemerintahan Amenhotep III. Saudara Ramose adalah pelayan tinggi Memphis Amenhotep (Huy).[2]

Makam[sunting | sunting sumber]

Makamnya TT55[3] terletak di Sheikh Abd el-Qurna – bagian dari nekropolis Thebes, di tepi barat sungai Nil, di seberang Luxor, dan terkenal karena dekorasi berkualitas tinggi dalam gaya tradisional dan seni Amarna.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kozloff, A. P.; Bryan, B. M.; Berman, L. M. (1992). Egypt's Dazzling Sun, Amenhotep III and his world. Cleveland: Cleveland Museum of Art. hlm. 49–50. ISBN 9780940717169. 
  2. ^ Shirley, JJ (2013). "Crisis and Restructuring of the State: From the Second Intermediate Period to the Advent of the Ramesses". Dalam Moreno García, Juan Carlos. Ancient Egyptian Administration. Boston: Leiden. ISBN 9789004249523. 
  3. ^ Ramose (TT 55)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]