Lompat ke isi

Raja Bavaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Raja Bavaria
Bekas Kerajaan
Lambang kebesaran kerajaan
Penyandang terakhir
Ludwig III
Penguasa pertama Maximilian I
Penguasa terakhir Ludwig III
Gelar Yang Mulia
Penunjuk Garis keturunan
Pendirian 1806
Pembubaran 1918
Penuntut takhta Franz, Adipati Bavaria
Mahkota Bavaria.

Raja Bavaria (bahasa Jerman: König von Bayern) adalah gelar yang disandang oleh para penguasa Bavaria dari Wangsa Wittelsbach di negara Kerajaan Bavaria dari tahun 1805 hingga 1918, ketika kerajaan tersebut dibubarkan. Ini adalah kali kedua Bavaria berbentuk kerajaan, hampir seribu tahun setelah kerajaan Bavaria Karoling yang berusia pendek.

Menurut ketentuan Perjanjian Pressburg yang disepakati pada tanggal 26 Desember 1805 antara Kaisar Prancis Napoleon dan Kaisar Romawi Suci Franz II, beberapa kepangeranan yang bersekutu dengan Napoleon naik status menjadi kerajaan. Salah satu yang paling gigih adalah pangeran-pemilih dari Bavaria, yaitu Maximilian IV Joseph, dan pada tanggal 1 Januari 1806, ia secara resmi menggunakan gelar Raja Maximilian I Joseph dari Bavaria. Ia adalah anggota dari Pfalz-Birkenfeld-Zweibrücken, cabang dari Wangsa Wittelsbach.

Para penerus Maximilian menentang nasionalisme Jerman, dan Bavaria menjadi pelindung untuk negara-negara kecil yang para pemimpinnya merasa terancam dengan Prusia atau Austria di Konfederasi Jerman. Hubungan agama dan bahasa Jerman Hulu membuat negara ini lebih dekat dengan Austria hingga kekalahan mereka dalam Perang Austria–Prusia. Raja Ludwig II menjalin aliansi dengan Prusia pada tanggal 22 Agustus 1866, secara efektif menghapuskan kemerdekaan Bavaria.

Dengan perjanjian tanggal 23 November 1870, Bavaria disatukan ke dalam Kekaisaran Jerman yang baru, tetapi diizinkan tingkat penentuan nasib sendiri yang relatif besar. Raja-raja Bavaria melestarikan gelar mereka, mempertahankan korps diplomatik dan militer yang berbeda. Ketika Kekaisaran Jerman dibubarkan pada bulan November 1918 seusai Perang Dunia I, raja Bavaria yang terakhir, Ludwig III, digulingkan.

Referensi

[sunting | sunting sumber]