Radio Télévision Libre des Mille Collines

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Radio Télévision Libre des Mille Collines (RTLM) adalah stasiun radio Rwanda yang mengudara sejak 8 Juli 1993 sampai 31 Juli 1994. Radio ini memainkan peran penting selama Genosida Rwanda April–Juli 1994.

Nama stasiun ini dalam bahasa Prancis berarti "Radio dan Televisi Bebas Seribu Bukit" yang diambil dari julukan Rwanda sebagai "Tanah Seribu Bukit". Radio ini didukung Radio Rwanda milik pemerintah yang awalnya mengizinkan mereka mengudara menggunakan peralatan mereka.[1]

Stasiun radio ini banyak didengar oleh penduduk Rwanda dan menyiarkan propaganda rasis terhadap suku Tutsi, suku Hutu moderat, bangsa Belgia, dan misi UNAMIR Perserikatan Bangsa-Bangsa. Radio ini sering dianggap memainkan peran penting dalam menciptakan suasana kekerasan rasial yang memungkinkan terjadinya genosida. Seorang peneliti dari Universitas Harvard memperkirakan bahwa 9,9% pelaku kekerasan genosida diakibatkan oleh siaran radio ini. Perkiraan tersebut berarti jumlah korban akibat siaran radio ini mencapai 51.000 jiwa.[2]

Budaya masyarakat[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hate Radio: Rwanda di www.radionetherlands.nl Galat: URL arsip tidak dikenal (diarsipkan tanggal [Date missing])
  2. ^ "Yanagizawa-Drott, David. (2010)" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-12-09. Diakses tanggal 2013-05-26. 
  3. ^ Bill Berkeley.  Teks "The Graves Are Not Yet Full" akan diabaikan (bantuan); Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]