Rachmat Wondoamisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rachmat Wondoamisi adalah arsitek akademis. Selain bergelut dengan seni arsitek lewat bendara PT Wastumatra Kencana Indonesia, ia adalah dosen pada Jurusan Arsitektur UGM. Ia mengampu pada almamaternya sejak 1972, dua tahun setelah lulus, sampai 2005.

Karakteristik karya Wondoamiseno adalah kecenderungan pada spesial ruang. Ia mendasari karyanya pada reflesi jiwa pemakai atau pengguna ruang. Karyanya banyak tersebar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Beberapa karya arsetekturnya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta [UMY], Universitas Islam Negri Yogyakarta[UIN Yogyakarta], Universitas Gadjah mada[UGM], dan sekolah tinggi Ilmu Ekonomi [STIEKERS]. Beberapa bangunan komersial ciptaannya adalah Hotel lbis Yogyakarta dan Malioboro Mall.

Wondoamiseno merancang Hotel lbis 1993. Ia merancang dengan amenity paling metakhir, menciptakan suasana santai dan betah bagi pengguna hotel. Walioboro Mall adalah karya rancangan Wondoamiseno pada 1993. Ia juga mendesain Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ M.Dahlan, Muhidi (2012). Almanak Seni Rupa Indonesia : Secara Istimewa Yogyakarta. jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. hlm. 474.