Rachmad Ali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rachmad Ali
220px
Lahir15 Agustus 1948 (umur 70)
Bendera Indonesia Abai, Sangir Batang Hari, Solok Selatan, Sumatra Barat
KebangsaanBendera Indonesia Indonesia
PekerjaanPengusaha
Dikenal atas- Pendiri BPR Danagung Grup
- Dirut PT Kedaulatan Rakyat
Suami/istriSuhartini
Anak- Tedy Alamsyah St Malenggang
- Janti Kusuma
- Irma Kustandari
Orang tuaThalib Bandaro Sati (ayah)
Suciyah (ibu)

Dr. (HC) Rachmad Ali, S.Pd., MBA. (lahir di Abai, Sangir Batang Hari, Solok Selatan, Sumatra Barat, 15 Agustus 1948; umur 70 tahun) adalah seorang bankir dan pengusaha Indonesia. Ia merupakan pendiri beberapa perusahaan yang tergabung dalam BPR Danagung Group, yaitu BPR Danagung Abadi, BPR Danagung Bakti, BPR Danagung Ramulti, BPR Klaten Sejahtera dan BPR Danagung Syariah serta PT Agung Valas Mandiri, sebuah perusahaan money changer. Rachmad juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Kedaulatan Rakyat, yang mengelola Koran Kedaulatan Rakyat, salah satu koran tertua di DI Yogyakarta. Disamping itu, Rahmad juga dipercaya menjadi salah seorang penasihat DPP Perbarindo.[1]

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Rachmad lahir di Abai, Sangir, Solok Selatan, suatu wilayah terpencil di Sumatra Barat, yang masyarakatnya hidup dari pertanian dan perkebunan, terutama perkebunan karet. Ia merupakan putra dari pasangan petani sederhana, Thalib Bandaro Sati (ayah) dan Suciyah (ibu). Dimasa kecil, Rachmad Ali juga ikut mencari nafkah dengan menjadi penyadap karet dan penjual daun pisang di kampungnya.[2]

Rachmad Ali menikah dengan seorang perempuan Jawa bernama Suhartini, dan telah dikaruniai tiga orang anak, yaitu Tedy Alamsyah St. Malenggang, Janti Kusuma dan Irma Kustandari. Ketiga orang anaknya saat ini aktif mengelola perusahaan-perusahaan yang telah dirintisnya sejak puluhan tahun yang lalu itu.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sewaktu duduk dikelas 6 SD ia pergi ke Muaro Labuah tanpa pamit pada orang tuanya. Selanjutnya, sewaktu mulai duduk di bangku SMA, ia tinggal di bangunan sekolah, tapi ia selalu giat mencari peluang-peluang agar dapat cantolan untuk kemajuan dimasa depan. Akhirnya setelah beberapa bulan sebagai siswa SMA, ia ditawari untuk membantu pekerjaan rumahtangga pada suatu keluarga. Rachmad adalah seorang yang rajin, sehingga akhirnya ia ditawari untuk bersekolah ke Yogya oleh keluarga tempat ia bekerja.

Setamat SMA, Rachmad berangkat ke Yogyakarta. Ia menempuh pendidikan tinggi sambil bekerja di koran Kedaulatan Rakyat, yang merupakan karier pertamanya. Kariernya disana menanjak dari waktu ke waktu sampai suatu masa ia mendirikan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang juga berkembang menjadi suatu grup usaha, BPR Danagung Group.

Aktivitas dan organisasi[sunting | sunting sumber]

  • Penasihat DPP Perbarindo (Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia)
  • Ketua Umum Keluarga Besar Minangkabau Yogyakarta (KBMY)

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kunci Sukses, Semangat dan Pantang Putus Asa" Situs Resmi BPR Danagung Group, 27 April 2012. Diakses 31 Mei 2013.
  2. ^ "Buku Rachmad Ali" Leutika Books. Diakses 1 Juni 2013.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]