Rabiya Mateo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rabiya Mateo
Rabiya pada 2021.
LahirRabeeya Occeña Matteo
14 November 1996 (umur 27)
Filipina Balasan, Iloilo, Filipina
Nama lainRabiya Mateo
PendidikanIloilo Doctors' College
Pekerjaan
Kota asalKota Iloilo, Iloilo, Filipina
Tinggi191 cm (6 ft 3 in)
Gelar
Pemenang kontes kecantikan
Warna rambutHitam
Warna mataCokelat
Kompetisi
utama

Rabiyah Occeña Matteo (lahir 14 November 1996) adalah seorang model dan ratu kecantikan berdarah India-Filipina yang dinobatkan sebagai Miss Universe Filipina 2020. Rabiya mempresentasikan negerinya Filipina di ajang Miss Universe 2020.[1][2][3][4]

Kehidupan pribadi dan edukasi[sunting | sunting sumber]

Mateo lahir dari pasangan serumah dengan ayah India-Amerika dan ibu Filipina yang kemudian berpisah. Menurut Mateo, dia dibesarkan dalam kemiskinan. Dia menyelesaikan studi di Iloilo Doctors' College sebagai "Bachelor of Science" dalam Terapi Fisik dan lulus dengan predikat Cum Laude. Pada tahun 2020, Mateo bekerja di SRG Manila Review Center sebagai dosen dan koordinator peninjau.[5]

Kontes kecantikan[sunting | sunting sumber]

Miss Universe Filipina 2020[sunting | sunting sumber]

Rabiya mewakili Kota Iloilo pada kontes perdana Miss Universe Philippines, yaitu Miss Universe Filipina 2020 setelah dia memenangkan Miss Iloilo Universe 2020 di West Visayas State University Cultural Center.

Selama putaran tanya jawab dari 16 besar semifinalis, ia ditanya: "Sepanjang perjalanan ini Anda telah menemukan bahwa Anda adalah wanita fenomenal yang dikondisikan untuk lebih besar. Bagaimana Anda bisa menciptakan dampak positif dan langgeng bagi dunia di sekitar Anda?" Dia menjawab:

“Pertama-tama, saya harus tetap berpegang pada inti saya, yaitu bersemangat dalam mendidik orang. Saya seorang dosen dan saya telah mengejar ini karena pendidikan ini telah membantu saya untuk memiliki kehidupan yang nyaman yang layak saya dan keluarga saya dapatkan dan Saya ingin mendorong orang, saya ingin mereka mencapai hal-hal yang lebih besar dalam hidup melalui saya dan saya tahu bahwa Miss Universe segalanya mungkin karena saya seorang wanita fenomenal dengan kecantikan yang tulus.”

Selama sesi tanya jawab pertama dari 5 finalis teratas, dia ditanya: "Jika Anda dapat membuat mata uang kertas baru dengan gambar orang Filipina mana pun, hidup atau mati, siapakah itu dan mengapa?" Dia menjawab:

“Jika saya diberi kesempatan, saya ingin menggunakan wajah Miriam Defensor-Santiago. Bagi yang belum tahu, dia adalah seorang Ilongga. Tapi yang saya kagumi tentang dia adalah dia menggunakan pengetahuannya, suaranya untuk melayani negara. Saya ingin menjadi seseorang seperti dia - seseorang yang menempatkan hatinya, hasratnya dalam tindakan. Bagaimanapun, dia adalah Presiden terbaik yang tidak pernah kami miliki.”

Selama sesi tanya jawab kedua dari 5 finalis teratas, dia ditanya: "Pandemi ini telah memperjelas prioritas kami, penting atau tidak esensial. Di mana posisi kontes saat krisis ini?" Dia menjawab:

“Sebagai kandidat, saya tahu saya bukan hanya wajah Kota Iloilo tetapi saya di sini membawa harapan dan sebagai simbol cahaya di saat-saat tergelap. Saat ini, saya ingin membantu komunitas saya. Saya ingin menggunakan kekuatan saya untuk membuat dampak. Dan itulah inti dari kontes kecantikan. Itu memberi kita kekuatan untuk membuat perbedaan.”

Di akhir acara, Rabiya berhasil diumumkan sebagai pemenang dan dinobatkan oleh Miss Universe Philippines 2019, Gazini Ganados sebagai Miss Universe Philippines 2020 bersama dengan penghargaan sebagai Best in Swimsuit.[6][7]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ sashes, Author; scripts (2020-10-28). "Rabiya Mateo | Miss Universe Philippines 2020". Sashes & Scripts: Your Ultimate Pageant Blog (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-20. 
  2. ^ News, Shiela Reyes, ABS-CBN (2020-10-25). "Rabiya Mateo from Iloilo City is new Miss Universe Philippines". ABS-CBN News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-20. 
  3. ^ Times, I. D. N.; Sembiring, Egia. "10 Pesona Rabiya Mateo, Miss Universe Filipina 2020 yang Memikat". IDN Times. Diakses tanggal 2021-04-20. 
  4. ^ "Rabiya Mateo, Pemenang Miss Universe Filipina dari Keluarga Tak Mampu". kumparan.com. Kumparan. Diakses tanggal 2021-04-20. 
  5. ^ "10 Fact Trivia Rabiya Meteo, Miss Universe Philippines 2020". preview.ph (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 18 Oktober 2021. 
  6. ^ Lopez, Jacinda A.; Estella, ie; Ferrer, Louise; Oct 25, Lily Grace Tabanera |; 2020. "Read Miss Universe Philippines Rabiya Mateo's Winning Answers Here!". COSMO.PH (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-20. 
  7. ^ Pool. "Ini Rabiya, Gadis dari Keluarga Miskin yang Menang Miss Universe Filipina". wolipop. Diakses tanggal 2021-04-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]