RBMK

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

RBMK (bahasa Rusia: реа́ктор большо́й мо́щности кана́льный, РБМК; reaktor bolshoy moshchnosti kanalnyy, "high-power channel-type reactor") atau Reaktor tipe saluran daya tinggi adalah kelas reaktor tenaga nuklir dengan moderasi grafit yang dirancang dan dibangun oleh Uni Soviet. Namanya mengacu pada desainnya di mana, alih-alih bejana tekan baja besar yang mengelilingi seluruh inti, inti dikelilingi oleh tangki baja annular silindris di dalam lemari besi beton dan setiap rakitan bahan bakar tertutup dalam pipa berdiameter 8 cm (dalam) individu. (disebut "saluran teknologi"). Saluran juga mengandung pendingin, dan dikelilingi oleh grafit.[1][2][3][4][5]

RBMK adalah desain reaktor yang tidak biasa, satu dari dua yang muncul di Uni Soviet pada 1970-an. Desainnya memiliki beberapa kekurangan, dan merupakan desain yang terlibat dalam bencana Chernobyl 1986. Modifikasi besar telah dilakukan pada reaktor RBMK yang masih beroperasi. RBMK rancangan Soviet (reaktor saluran daya tinggi) adalah reaktor berpendingin air dengan saluran bahan bakar individual dan menggunakan grafit sebagai moderatornya. Ia juga dikenal sebagai reaktor grafit air ringan (LWGR). Seperti pada reaktor air mendidih (BWR), air mendidih di saluran bahan bakar (sekitar 6,9 MPa) dan uap dipisahkan di atasnya dalam satu sirkuit. Sepertinya steam generator uap dan bundel bahan bakar didesain dalam satu bejana, tetapi kurang memperhatikan sistem keamanan dan keselamatannya. Air ringan digunakan sebagai pendingin dan fluida kerja. Bertindak untuk menjaga bahan bakar tetap dingin, dan mendidih menjadi uap dan memutar turbin pembangkit listrik. Ini beroperasi dalam dua loop. Masing-masing dari dua putaran memiliki dua drum uap (lingkaran oranye). Di sinilah uap dari pendingin yang dipanaskan diumpankan ke turbin untuk menghasilkan listrik di generator. Setiap loop memiliki turbin yang diumpankan ke uap. Uap kemudian terkondensasi dan diumpankan kembali sebagai pendingin. Reaktor itu dirancang selama 1964-66 dan sangat berbeda dari kebanyakan reaktor daya lainnya. Pendahulunya adalah LWGR 30 MWt (5 MWe) eksperimental di Obninsk yang dimulai pada tahun 1954, dan dua unit prototipe kecil LWGR (AMB-100 & 200) – Beloyarsk 1&2, yang berjalan dari tahun 1964 dan 1968. (Reaktor ADE di Zheleznogorsk dan Seversk yang digunakan untuk produksi plutonium serupa dengan RBMK tetapi dengan densitas daya yang jauh lebih rendah dan elemen bahan bakar yang lebih kecil.)Kombinasi moderator grafit dan pendingin air tidak ditemukan di reaktor daya lain di dunia.

RBMK adalah reaktor generasi II awal dan desain reaktor komersial tertua yang masih beroperasi secara luas. Aspek-aspek tertentu dari desain reaktor RBMK asli, seperti koefisien kekosongan positif yang besar, 'efek scram positif' dari batang kendali dan ketidakstabilan pada tingkat daya rendah, berkontribusi pada bencana Chernobyl 1986, di mana RBMK mengalami reaksi berantai nuklir yang tidak terkendali, menyebabkan ledakan uap dan hidrogen, kebakaran besar, dan kehancuran inti berikutnya. Radioaktivitas dirilis di sebagian besar Eropa. Bencana tersebut mendorong seruan di seluruh dunia agar reaktor dinonaktifkan sepenuhnya; namun, masih ada ketergantungan yang cukup besar pada fasilitas RBMK untuk tenaga listrik di Rusia. Sebagian besar kekurangan dalam desain reaktor RBMK-1000 diperbaiki setelah kecelakaan Chernobyl dan selusin reaktor telah beroperasi tanpa insiden serius selama lebih dari tiga puluh tahun. Sementara sembilan blok RBMK yang sedang dibangun dibatalkan setelah bencana Chernobyl, dan yang terakhir dari tiga blok RBMK yang tersisa di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl ditutup pada tahun 2000, hingga Desember 2021 masih ada 8 reaktor RBMK dan tiga EGP kecil -6 grafit dimoderasi reaktor air ringan yang beroperasi di Rusia, meskipun semuanya telah dilengkapi dengan sejumlah pembaruan keselamatan. Hanya dua blok RBMK yang dimulai setelah 1986: Ignalina-2 dan Smolensk-3.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "RBMK Reactors | reactor bolshoy moshchnosty kanalny | Positive void coefficient – World Nuclear Association". www.world-nuclear.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-05. Diakses tanggal 2019-06-18. 
  2. ^ "The "Dark" Accident At The Metsamor Nuclear Plant – 1982 | Art-A-Tsolum". allinnet.info. April 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-01. Diakses tanggal 2021-02-14. 
  3. ^ History of the atomic energy of the Soviet Union and Russia. Issue 3. History of RBMK. Ed. Sidorenko V.A. - Moscow, IzdAT, 2003. . "History of Rosatom" ('История атомной энергетики Советского Союза и России. Вып. 3. История РБМК. Под ред. Сидоренко В. А. — М.: ИздАТ, 2003.. Электронная библиотека «История Росатома» — http://elib.biblioatom.ru/text/istoriya-atomnoy-energetiki_v3_2003/go,0/ Diarsipkan 2021-01-21 di Wayback Machine.)
  4. ^ Higginbotham, Adam (February 4, 2020). Midnight in Chernobyl: The Untold Story of the World's Greatest Nuclear Disaster. Simon and Schuster. ISBN 9781501134630. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 1, 2021. Diakses tanggal May 4, 2021 – via Google Books. 
  5. ^ "Russia completes upgrade of third Smolensk RBMK". World Nuclear News. 28 March 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 April 2020. Diakses tanggal 17 July 2019.