R. C. Sproul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
R. C. Sproul
R. C. Sproul (cropped).jpg
R. C. Sproul
Lahir 13 Februari 1939 (umur 78)
Pittsburgh, Pennsylvania[1][2]
Karya teologis
Tradisi atau gerakan Reformed
Ketertarikan utama Classical apologetics
Systematic theology
Biblical Inerrancy

Robert Charles Sproul (lahir 13 Februari 1939; umur 78 tahun) adalah seorang teolog Calvinis, pengarang, dan pendeta dari Amerika. Dia adalah pendiri dan ketua dari Ligonier Ministries dan dapat didengar sehari-hari di Renewing Your Mind, sebuahsiaran radio di Amerika Serikat dan internasional.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sproul memegang gelar dari Westminster College, Pennsylvania (BA, 1961), Seminari Teologi Pittsburgh-Xenia (M. Div, 1964), Free University of Amsterdam (Drs., 1969), dan Whitefield Theological Seminary (PhD, 2001). Dia telah mengajar di berbagai perguruan tinggi dan seminari, termasuk Seminari Teologi Reformed di Orlando dan Jackson, Mississippi, dan Seminari Teologi Knox di Ft. Lauderdale.

Salah satu mentor Sproul adalah John Gerstner, profesornya di Pittsburgh-Xenia Theological Seminary. Mereka berdua, bersama dengan mahasiswa Gerstner yang lain, Arthur Lindsley, menjadi penulis-bersama buku Classical Apologetics pada tahun 1984. Pelayanan Dr. Sproul, Ligonier Ministries, membuat rekaman dari pengajaran berbagai mata kuliah teologi dan Alkitab dari Dr. Gerstner.

Karier[sunting | sunting sumber]

Dr. Sproul menjabat sebagai pastor-bersama di Saint Andrew Kapel, jemaat di Sanford, Florida.[3] Ia ditahbiskan sebagai penatua di Persatuan Gereja Presbiterian di Amerika Serikat pada tahun 1965, tetapi meninggalkan denominasi tersebut sekitar tahun 1975 dan bergabung dengan Gereja Presbiterian di Amerika. Ia juga merupakan seorang anggota Dewan dari Alliance of Confessing Evangelicals.

Sproul merupakan pendukung Calvinisme di banyak media cetak, audio, dan video, publikasi, dan ia juga dikenal sebagai pendukung dari pendekatan apologetika Kristen ala Thomas Aquinas (klasik), yang kurang umum di kalangan apologis Reformed, dan penolakannya terhadap presuposisionalisme dalam mendukung apologetika Thomas Aquinas, yang sering disebut "Apologetika Klasik". Tema yang dominan di banyak pengajaran Sproul dalam Memperbaharui Pikiran Anda adalah tentang kekudusan dan kedaulatan Allah.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Karya Sproul yang berjudul The Holiness of God (Kekudusan Allah) dianggap sebagai karya dasarnya tentang subjek karakter Allah,[oleh siapa?] dan bukunya Not a Chance: The Myth of Chance in Modern Science and Cosmology [4] sangat dipuji oleh orang-orang yang menolak materialisme yang dianjurkan oleh beberapa orang dalam komunitas ilmiah.[5]

Melalui Ligonier Ministries dan program radio dan konferensi Memperbaharui Pikiran Anda, Sproul telah menghasilkan berbagai audio dan video ceramah pada mata pelajaran sejarah filsafat, teologi, studi Alkitab, apologetika, perancangan cerdas, dan kehidupan Kristen. Selain itu, Sproul telah menulis lebih dari 60 buku dan banyak artikel untuk publikasi Injili. Ia menandatangani Pernyataan Chicago tentang Ineransi Alkitab, 1978, yang menegaskan pandangan tradisional ineransi Alkitab, dan dia menulis sebuah komentar pada dokumen yang berjudul Explaining Inerrancy (Menjelaskan Ketakbersalahan). Ia juga menjabat sebagai editor dari the Reformation Study Bible (ISBN 0-87552-643-8), yang telah muncul dalam beberapa edisi, dan juga dikenal sebagai New Geneva Study Bible.

Pada tahun 2006 Ligonier Ministries meluncurkan Reformation Trust Publishing dengan tujuan untuk mempromosikan iman Kristen Protestan Reformed historis oleh para pendeta, pendidik, dan pemimpin-pemimpin gereja Reformed injili modern yang terkenal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dr. R.C. Sproul – The Founder and President of Ligonier Ministries.". Ligonier Ministries. Diakses tanggal 2008-07-30. 
  2. ^ "Ligonier", Tabletalk Magazine, May 2008 
  3. ^ "Dr. R.C. Sproul". Saint Andrew's Chapel. Diakses tanggal 2008-07-30. 
  4. ^ Sproul, RC. Not a Chance: The Myth of Chance in Modern Science and Cosmology. ISBN 0-8010-5852-X. 
  5. ^ "Not A Chance!". Lambert Dolphin's Library. Diakses tanggal 2008-07-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]