R-Boot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Räumboote (disingkat R-Boot) adalah sebuah kelas kapal penyapu ranjau (Minensuchboot) yang didesain untuk beroperasi di perairan pantai/dangkal bahkan sungai. Kapal ini diproduksi sebanyak 424 unit dari tahun 1933 hingga 1945.

Pengguna kapal ini oleh Kriegsmarine ditempatkan di bagian Deutscher Minenräumdienst (Badan Pembersih Ranjau Jerman).

Banyak dari R-Boot memiliki konsep propulsi atau pendorong yang cukup spesial, tidak ada baling-baling dan kemudi biasa, namun baling-baling Voith-Schneider yang dipasang secara horizontal yang membuat kapal dapat bermanuver.

Selain tugas utama mereka sebagai pembersih ranjau, R-Boot juga ditugaskan dalam misi seperti pengawal konvoi, pencarian dan penyelamatan. serta mengantar U-Boot keluar/masuk dari pangkalan mereka.

Karena persenjataan mereka yang ringan dan sedikit, banyak dari mereka yang hancur dan mengalami kerusakan berat selama perang dan sekitar 140 R-Boot selamat. 140 kapal ini kemudian dibagikan kepada negara-negara pemenang Perang Dunia ke-2. 48 R-Boot dibagikan kepada Amerika, 45 unit kepada Uni Soviet, 24 unit kepada Denmark, 11 unit kepada Inggris, 8 kepada Belanda dan 4 unit kepada Norwegia.

24 dari 140 yang dibagikan kepada Sekutu kemudian dikembalikan kembali kepada Jerman dan kemudian dibentuklah Skuadron Penyapu Ranjau untuk Bundesmarine pada tahun 1956 sampai 1960an.