Python Package Index

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Python Package Index, disingkat PyPI dan juga dikenal sebagai Cheese Shop (referensi Monty Python Flying Circus sketsa Cheese Shop),[1][2] adalah repositori perangkat lunak pihak ketiga resmi untuk Python. PyPI dapat disamakan dengan CPAN, repositori untuk Perl.[3] Beberapa manajer paket, termasuk pip, menggunakan PyPI sebagai sumber standar untuk paket dan dependensinya. Lebih dari 113.000 paket Python yang dapat diakses melalui PyPI.

PyPI terutama host paket Python dalam bentuk arsip yang disebut sdists (sumber distro) atau "roda" precompiled.

PyPI sebagai indeks memungkinkan pengguna untuk mencari paket-paket dengan kata kunci atau filter terhadap metadata, seperti lisensi perangkat lunak bebas atau kompatibilitas dengan POSIX. Satu entri di PyPI dapat disimpan, selain dari paket dan metadata, rilis sebelumnya dari paket, roda dikompilasi (misalnya yang mengandung Dll pada Windows), serta bentuk yang berbagai bentuk sistem operasi dan versi Python yang berbeda .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam Distribusi Python Utilitas (distutils) modul Python pertama kali ditambahkan ke perpustakaan standar Python dalam rilis 1.6.1, pada bulan September 2000, dan di rilis 2.0, pada bulan Oktober 2000, sembilan tahun setelah rilis pertama python pada bulan Februari tahun 1991, dengan tujuan untuk menyederhanakan proses menginstal paket Python pihak ketiga.

Namun, distutils hanya menyediakan alat untuk mengemas kode Python, dan tidak lebih. Hal itu dapat mengumpulkan dan mendistribusikan metadata tetapi tidak menggunakannya untuk tujuan lain. Python masih belum memiliki katalog terpusat untuk paket di internet. PEP 241, proposal untuk standardisasi metadata untuk indeks, diselesaikan pada bulan Maret 2001. Sebuah proposal untuk membuat katalog terpusat yang komprehensif, di-hosting di domain python.org, kemudian diselesaikan pada bulan November 2002.

Pada 16 April 2018, semua PyPI lalu lintas mulai dilayani oleh platform situs web yang lebih modern, Gudang[4] dan situs web warisan dimatikan pada akhir bulan itu.[5] Semua paket yang ada dan sejarahnya disimpan dan dipindahkan ke platform baru.[6]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Hussain, Zahid (2011). "Proceedings of the Fall 2010 Future SOC Lab Day". Technische Berichte des Hasso-Plattner-Instituts für Softwaresystemtechnik an der Universität Potsdam. Universitätsverlag Potsdam (42). ISBN 978-3-86956-114-1.
  • Martelli, Alex (2006). Python in a Nutshell. O'Reilly Media, Inc. ISBN 9780596100469.
  • Lutz, Mark (2006). Programming Python. 10 (3 ed.). O'Reilly Media, Inc. ISBN 9780596009250.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]