PyPy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
PyPy
Official PyPy logo
Rilis stabil 1.8 (10 Februari 2012; 2 tahun yang lalu (2012-02-10))
Bahasa pemograman Python
Sistem operasi Cross-platform
Jenis Python interpreter and compiler toolchain
Lisensi MIT License
Situs web resmi pypy.org

PyPy adalah interpreter bahasa pemrograman python yang ditulis dengan Python dan dilengkapi dengan kompiler JIT (just in time). Pengembangan PyPy berfokus pada kecepatan unjuk kerja program, efisiensi, serta menjaga kompatibilitas dengan interpreter CPython. Dengan menggunakan Python dalam pengembangan PyPy, para pengembang PyPy memungkinkan melakukan hacking atas implementasinya serta mengidentifikasi area mana saja yang memerlukan perbaikan. Faktanya saat ini PyPy diimplementasikan sebagai bahasa tingkat tinggi membuatnya lebih fleksibel dan lebih mudah dalam bereksperimen bila dibandingkan dengan CPython, dan juga memungkinkan pengembangnya bereksperimen atas beberapa bentuk implementasi atas fitur-fitur spesifik tertentu.

PyPy juga menyediakan model penerjemahan umum dan mendukung bentuk kerangka pengembangan untuk membuat bahasa pemrograman dinamis, menyediakan pemisahan yang jelas antara spesifikasi suatu bahasa pemrograman dengan aspek maupun bentuk implementasinya. Selain itu, PyPy menyediakan satu bahasa pemrograman Python yang kompatibel dengan CPython dengan fleksibilitas serta tingkat unjuk kerja yang lebih baik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

PyPy merupakan kelanjutan serta bentuk alternatif pengembangan lain atas proyek sebelumnya, Psyco, sebuah kompiler JIT python yang dikembangkan oleh Armin Rigo sebagai modul tambahan atas implementasi CPython. Sebelumnya, PyPy dikembangkan hanya sebatas untuk kebutuhan penelitian, namun akhirnya mencapai tingkat kemapanannya pada pertengahan tahun 2007 pada rilis 1.0. Hingga akhir tahun 2008, PyPy sudah mampu menjalankan beberapa jenis kerangka pemrograman python yang populer saat itu seperti; Pylons,[1] Pyglet,[2] Nevow,[3] serta Django.[4]

Pendanaan[sunting | sunting sumber]

Pengembangan PyPy sejak bulan desember 2004 hingga maret 2007 didanai oleh Uni Eropa dalam kategori proyek penelitian bertarget spesifik, STReP (Specific Targeted Research Projects). Pada bulan juni tahun 2008, PyPy mengumumkan pendanaan mereka sebagai bagian dari program sumber terbuka Google, serta menyetujui membuat PyPy menjadi lebih kompatibel dengan CPython. Tahun 2009, Uni Eropa, melalui agen khusus yang berfokus pada perusahaan skala kecil menengah, EuroStars, menyetujui proposal pendanaan PyPy hingga bulan agustus 2011. Yayasan perangkat lunak Python (Python Software Foundation) juga memberikan donasi pendanaan sebesar $10000 untuk melanjutkan pengembangan PyPy dengan mengimplementasikan fitur-fitur yang lebih baru yang terdapat pada versi-versi CPython yang lebih baru. Selain itu, PyPy juga menerima pendanaan dari sejumlah individu melalui halaman blog situs yang ada.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]