My Stepmom's Daughter Is My Ex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
My Stepmom's Daughter Is My Ex
Sampul volume novel ringan pertama, menampilkan Yume dan Mizuto Irido
継母の連れ子が元カノだった
(Mamahaha no Tsurego ga Motokano datta)
GenreKomedi romantis[1]
Novel serial
PengarangKyōsuke Kamishiro
PenerbitKakuyomu
Terbit7 Agustus 2017 – sekarang
Manga
PengarangKyōsuke Kamishiro
IlustratorTakayaki
PenerbitKadokawa Shoten
Penerbit bahasa Inggris
ImprintKadokawa Sneaker Bunko
DemografiShōnen
Terbit1 Desember 2018 – sekarang
Volume11 (Daftar volume)
Manga
PengarangKyōsuke Kamishiro
IlustratorRei Kusakabe
PenerbitFujimi Shobo
MajalahNiconico Seiga (Dra Dra Sharp, Dra Dra Flat)
DemografiShōnen
Terbit26 April 2019 – sekarang
Volume7 (Daftar volume)
Anime
SutradaraShinsuke Yanagi
SkenarioDeko Akao
MusikHiromi Mizutani
StudioProject No.9
PelisensiCrunchyroll
Tayang 6 Juli 2022 21 September 2022
 Portal anime dan manga

My Stepmom's Daughter Is My Ex (継母の連れ子が元カノだった, Mamahaha no Tsurego ga Motokano datta, "The Child of Stepmother Was the Ex-Girlfriend") adalah seri novel ringan komedi romantis Jepang yang ditulis oleh Kyōsuke Kamishiro dan digambar oleh Takayaki. Serial ini memulai serialisasi di situs web novel daring Kakuyomu pada Agustus 2017, dengan versi cetak yang memulai publikasi di bawah Kadokawa Sneaker Bunko yang merupakan imprint dari Kadokawa Shoten pada Desember 2018. Novel ringan ini dilisensikan secara digital di Amerika Utara oleh J-Novel Club. Sebuah adaptasi manga dibuat oleh Rei Kusakabe dan memulai serialisasi daringnya oleh Fujimi Shobo via web situs Niconico Seiga sebagai bagian dari Dra Dra Sharp dan merek Dra Dra Flat pada April 2019. Sebuah adaptasi seri anime televisi dibuat oleh Project No.9 dan disiarkan pada bulan Juli 2022.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ketika mereka masih di SMP, Mizuto dan Yume adalah sepasang pacar yang normal. Meski terkadang saling menggoda dan ada pertengkaran karena alasan kecil di antara mereka, kedua siswa itu tetap bersama sampai mereka memasuki SMA, di mana mereka akhirnya memutuskan untuk menyudahi hubungan mereka. Nasib terkadang tak ada yang tahu, dan kemudian mereka terkejut bahwa mereka akan dipertemukan kembali sebagai saudara tiri hanya setelah dua minggu putus.

Memang, orang tua masing-masing akan menikah lagi dan mantan kekasih harus hidup dirumah yang sama setiap hari. Agar tidak menghalangi kebahagiaan orang tua mereka, mereka entah bagaimana menerima situasi dan memutuskan untuk menerapkan beberapa aturan yang mana salah satu dari mereka harus mengalah.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Mizuto Irido (伊理戸水斗, Irido Mizuto)
Pengisi suara: Yūto Uemura[3] (drama CD), Hiro Shimono[4] (anime)
Mizuto adalah mantan pacar Yume yang menjadi saudara tirinya ketika ayahnya, Mineaki, menikah lagi dengan ibunya, Yuni. Dia dan Yume lahir di hari yang sama.
Yume Irido (伊理戸結女, Irido Yume)
Pengisi suara: Aoi Koga[3] (drama CD), Rina Hidaka[4] (anime)
Nama Yume yang sebelumnya adalah Yume Ayai (綾井結女, Ayai Yume) Sebelum ibunya, Yuni, menikah dengan ayah Mizuto, Mineaki Irido, dua minggu setelah dia dan Mizuto putus. Yume dan Mizuto lahir di hari yang sama.
Akatsuki Minami (南暁月, Minami Akatsuki)
Pengisi suara: Yūki Takada[3] (drama CD), Ikumi Hasegawa[5] (anime)
Dia adalah teman masa kecil Kogure.
Kogure Kawanami (川波小暮, Kawanami Kogure)
Pengisi suara: Tasuku Hatanaka[3] (drama CD), Nobuhiko Okamoto[5] (anime)
Dia adalah teman masa kecil Minami.
Isana Higashira (東頭いさな, Higashira Isana)
Pengisi suara: Yumiri Hanamori[3] (drama CD), Miyu Tomita[5] (anime)
Gadis yang dekat dengan Mizuto di SMA.
Mineaki Irido (伊理戸峰秋, Irido Mineaki)
Pengisi suara: Kazuyuki Okitsu[6] (anime)
Ayah angkat dari Yume.
Yuni Irido (伊理戸由仁, Irido Yuni)
Pengisi suara: Ai Kayano[6] (anime)
Ibu angkat dari Mizuto.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Nama pertama Yume dan Mizuto berasal dari "minyak" (pengucapan minyak (油) adalah yu dalam bahasa Jepang) dan "air" (mizu berarti air (水) dalam bahasa Jepang).[7] Nama keluarga Irido, berasal dari Conan Doyle ("Irido" hampir merupakan anagram dari "Doiru", yang merupakan pengucapan bahasa Jepang dari Doyle), Sedangkan nama keluarga Ayai berasal dari Yukito Ayatsuji (hanya kata Aya (綾) yang diambil) dan Higashira berasal dari Nisio Isin (sementara Nisio adalah nama keluarga, secara harfiah berarti "ekor barat", kebalikan dari "kepala timur").[8]

Penulis Kyōsuke Kamishiro menetapkan ulang tahun Yume dan Mizuto sebagai 3 November karena 11 dan 3 keduanya bilangan prima, yang tidak dapat "dipisahkan" (dalam bahasa Jepang, "割る" berarti "membagi" dan "memisahkan").[9]

Pengaturan lokasi cerita memang ambigu sejak serialisasi webnya. Namun, setelah beberapa tahun, Kamishiro memutuskan untuk mengatur lokasi ceritanya di Kyoto karena cerita di Volume 8 terjadi di Kobe.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pineda, Rafael Antonio (July 21, 2021). "Mamahaha no Tsurego ga Moto Kano Datta Step-Sibling Romcom Novel Gets Anime". Anime News Network. Diakses tanggal July 21, 2021. 
  2. ^ a b c d e 継母の連れ子が元カノだった5 ドラマCD付き特装版 (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diakses tanggal July 21, 2021. 
  3. ^ a b Mateo, Alex (January 26, 2022). "My Stepmom's Daughter Is My Ex Anime Reveals 1st Teaser, Cast, Staff, 2022 Debut". Anime News Network. Diakses tanggal January 26, 2022. 
  4. ^ a b c Pineda, Rafael Antonio (April 25, 2022). "My Stepmom's Daughter Is My Ex Anime's Video Reveals More Cast & Staff, July Debut, Opening Song". Anime News Network. Diakses tanggal April 25, 2022. 
  5. ^ a b Pineda, Rafael Antonio (June 15, 2022). "My Stepmom's Daughter Is My Ex Anime Casts Kazuyuki Okitsu, Ai Kayano". Anime News Network. Diakses tanggal June 15, 2022. 
  6. ^ 紙城境介 [@kamishiro_b] (November 19, 2018). 唐突に始まる『継母の連れ子が元カノだった』創作秘話。 (Tweet) (dalam bahasa Jepang) – via Twitter. 
  7. ^ 紙城境介 [@kamishiro_b] (January 13, 2021). 質問があったので連れカノキャラの名前(苗字)の由来。 (Tweet) (dalam bahasa Jepang) – via Twitter. 
  8. ^ Epilogue of Volume 7
  9. ^ 紙城境介 [@kamishiro_b] (February 4, 2022). 連れカノの舞台が京都というのは、書籍版で追加した設定なので、今までウェブ版では誤魔化して書いてきたんだけど、神戸旅行編となると地理を誤魔化すのも難しいので、もうウェブ版も京都ってことにするか、という気持ちです (Tweet) (dalam bahasa Jepang) – via Twitter.