Joséphine Charlotte dari Belgia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Joséphine-Charlotte dari Belgia
Joséphine-Charlotte vun der Belsch.jpg
Istri Adipati Agung Luksemburg
Periode12 November 1964 – 7 October 2000
Lahir(1927-10-11)11 Oktober 1927
Istana Kerajaan Brussels, Brussels, Belgia
Wafat10 Januari 2005(2005-01-10) (umur 77)
Kastil Fischbach, Fischbach, Luxembourg
Pemakaman
WangsaWangsa Saxe-Coburg dan Gotha
(melalui kelahiran)
Wangsa Nassau-Weilburg (melalui pernikahan)
Nama lengkap
Joséphine-Charlotte Stéphanie Ingeborg Elisabeth Marie-José Marguerite Astrid
AyahLeopold III dari Belgia
IbuAstrid dari Swedia
PasanganJean, Adipati Agung Luksemburg
AnakAdipati Wanita Agung Marie Astrid dari Austria
Henri, Adipati Agung Luksemburg
Pangeran Jean
Putri Margaretha dari Liechtenstein
Pangeran Guillaume

Putri Joséphine-Charlotte dari Belgia (Joséphine-Charlotte Stéphanie Ingeborg Elisabeth Marie-José Marguerite Astrid; 11 Oktober 1927 – 10 Januari 2005), juga Istri Adipati Agung Joséphine Charlotte dari Luxembourg adalah permaisuri Istri Adipati Agung dari Jean, Adipati Agung Luksemburg. Ia adalah sepupu pertama dari Raja Harald V dari Norwegia. Ia adalah anak pertama dari Leopold III dari Belgia, dan saudari dari Raja Baudouin dari Belgia dan Raja Albert II dari Belgia, bekas raja Belgia, dan bibi dari raja saat ini, Philippe dari Belgia.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Istana Kerajaan Brussels sebagai anak tertua dan putri tunggal dari Raja Leopold III dari Belgia dari istri pertamanya, Astrid dari Swedia.

Ia menjalani masa kecilnya di Istana Stuyvenberg yang tepat di luar Brussels bersama dengan orangtuanya, Leopold dan Astrid.[1] Ibunya merupakan Putri Swedia dan keturunan langsung dari istri pertama Napoleon Bonaparte, Joséphine. Ayahnya adalah keturunan langsung dari Stéphanie de Beauharnais, sepupu dari suami pertama Joséphine dan putri angkat dari suami kedua Joséphine. Ia adalah saudari penguasa Belgia Baudouin dan Albert II.[2]

Ibu Joséphine-Charlotte yang populer tewas dalam sebuah kecelakaan pada 1935 di usia 29 tahun. Setelah ibunya meninggal, Putri Joséphine-Charlotte yang merawat adiknya, Baudouin dan Albert.

Pada tahun 1941, ayahnya menikah dengan Mary Lilian Baels (kemudia Putri Réthy). Lilian menjadi ibu tiri yang penyayang kepada anak-anak Raja dari Ratu Astrid. Pernikahan kedua ini menghasilkan tiga anak lagi: Pangeran Alexandre, Putri Marie-Christine, dan Putri Marie-Esméralda.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Notice biographique de S.A.R. la Grande-Duchesse Joséphine-Charlotte". Pemerintahan Luxembourg. Diakses tanggal 2011-05-15. 
  2. ^ "Grand Duchess Joséphine Charlotte of Luxembourg". The Telegraph. 2005-01-11. Diakses tanggal 2011-05-15.