Putri Haya binti Hussein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Putri Haya bint Hussein
الأميرة هيا بنت الحسين
HRH Princess Haya of Jordan meets with Tracy Edwards MBE (cropped).jpg
Princess Haya (right) congratulating FEI 2012 award winner Courtney King-Dye
Lahir3 Mei 1974 (umur 45)
Amman, Yordania
WangsaHashemite (melalui kelahiran)
Wangsa Al-Falasi (melalui pernikahan)
AyahHussein dari Yordania
IbuAlia al-Hussein
PasanganMohammed bin Rashid Al Maktoum
AnakSheikha Al Jalila
Sheikh Zayed

Putri Haya bint Hussein (bahasa Arab: الأميرة هيا بنت الحسين‎; kelahiran 3 Mei 1974) adalah putri dari Raja Hussein dari Yordania dari istri ketiganya, Ratu Alia. Putri Haya adalah istri junior dari HH Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Ia dikenal dengan sebutan Her Royal Highness Putri Haya dari Yordania, sebuah gelar yang diberikan dari ayahnya. Lulusan Universitas Oxford di Inggris, ia merupakan seorang ekuestrian yang berkompetisi untuk Yordania dalam kompetisi lompat indah internasional dan dua kali menjadi Presiden Federasi Olahraga Ekuestrian Internasional (FEI).

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Putri Haya belajar di Britania Raya dimana ia masuk Badminton School for Girls di Bristol, Bryanston School di Dorset dan kemudian St Hilda's College, Universitas Oxford, dimana dari sana ia lulus dengan gelar kehormatan BA dalam bidang filsafat, politik, dan ekonomi.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada 10 April 2004, Putri Haya menikah dengan Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, penguasa Dubai di Amman, Yordania [1]

Pada 2 Desember 2007 di Dubai, Putri Haya melahirkan anak pertamanya, Sheikha Al Jalila bint Mohammed Bin Rashid Al Maktoum.[2] Hari kelahiran bayinya bertepatan dengan perayaan Hari Nasional ke-36 Uni Emirat Arab.[3] Pada 7 Januari 2012, ia melahirkan anak keduanya, Sheikh Zayed bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Mereka juga dikenal dengan sebutan Their Royal Highness di Yordania.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "HRH Princess Haya Bint Al Hussein - profile". Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Agustus 2010. Diakses tanggal 7 Maret 2011. 
  2. ^ Jordan News Agency - Petra - Sheikh Rashid Al Maktoum, Princess Haya name their new baby girl Aljalila
  3. ^ "NewsCred - Page not found". daylife.com. Diakses tanggal 12 April 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]