Pushback

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam penerbangan, pushback adalah prosedur bandara di mana pesawat didorong mundur dari posisi parkirnya, biasanya di gerbang bandara oleh kekuatan eksternal.[1] Pushback dilakukan oleh kendaraan khusus low-profile yang disebut traktor pushback atau kapal tunda.

Meskipun banyak pesawat mampu bergerak mundur di tanah menggunakan dorong terbalik (prosedur yang disebut sebagai powerback), ledakan jet atau pencucian prop yang dihasilkan akan menyebabkan peningkatan kebisingan, kerusakan pada bangunan atau peralatan terminal, dan cedera. staf bandara karena puing-puing berkecepatan tinggi. Puing-puing ini juga akan tersedot ke dalam mesin, seperti dalam penggunaan normal, dan menyebabkan keausan berlebihan - penyebab utama keausan pada mesin pesawat adalah selama penggunaan di darat.[2] Oleh karena itu, pushback adalah metode yang lebih disukai saat menangani pesawat di darat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kumar, Bharat; DeRemer, Dale; Marshall, Douglas M. (2004). An Illustrated Dictionary of Aviation. New York: McGraw-Hill. hlm. 514. ISBN 978-0-07-139606-6. 
  2. ^ Ravikovich, A (2020). "Criterion for evaluation of erosion of aviation engine parts from polymer composite materials". IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering. 868: 1. doi:10.1088/1757-899X/868/1/012026 – via Research Gate. Efek ini melekat pada tahap lepas landas dan pendaratan ketika pasir dan debu terangkat dari landasan oleh aliran udara, yang sangat mempengaruhi daya tahan komponen PCM.