Pusat kendali wilayah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta pembatasan penerbangan sementara dari Administrasi Penerbangan Federal ini menunjukkan batas wilayah yang dikendalikan oleh pusat kendali area di dalam dan di sebelah Amerika Serikat yang bersebelahan, serta pengidentifikasi lokasi FAA dari setiap pusat kendali yang dioperasikan oleh Amerika Serikat

Dalam kontrol lalu lintas udara, pusat kendali wilayah (PKW)[1], juga dikenal sebagai pusat atau pusat perjalanan, adalah fasilitas yang bertanggung jawab untuk mengendalikan pesawat yang terbang di wilayah udara wilayah informasi penerbangan tertentu (WIP) di ketinggian antara pendekatan bandara dan keberangkatan. Di AS, pusat semacam itu disebut sebagai pusat kendali lalu lintas rute udara ( PKLLRU ).

Sebuah pusat biasanya menerima lalu lintas dari — dan pada akhirnya meneruskan lalu lintas ke — kontrol pusat kendali terminal atau pusat lainnya. Sebagian besar pusat dioperasikan oleh pemerintah nasional negara tempat mereka berada. Operasi umum pusat-pusat di seluruh dunia, dan batas-batas wilayah udara yang dikendalikan oleh masing-masing pusat, diatur oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Dalam beberapa kasus, fungsi pusat kendali wilayah dan pusat kendali terminal digabungkan dalam satu fasilitas. Misalnya, NATS menggabungkan Pusat Kontrol Terminal London (LTCC) dan Pusat Kendali Wilayah London (LACC) di Swanwick, Hampshire .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Glosarium Penerbangan ~ Kateglo". kateglo.lostfocus.org. Diakses tanggal 2023-04-24.