Lompat ke isi

Pusat Kecerdasan Kolektif MIT

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Pusat Kecerdasan Kolektif MIT (bahasa inggris: MIT Center for Collective Intelligence (CCI)) adalah pusat penelitian di Institut Teknologi Massachusetts (bahasa inggris: Massachusetts Institute of Technology (MIT)). Dikepalai oleh Professor Thomas W. Malone. Pusat penelitian ini berfokus kepada studi kecerdasan kolektif.

Pusat Kecerdasan Kolektif mengumpulkan fakultas dari seluruh MIT untuk melakukan penelitian tentang bagaimana teknologi komunikasi baru mengubah cara orang bekerja bersama. Ini melibatkan orang-orang dari berbagai organisasi di MIT termasuk MIT Media Lab, MIT Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Departemen Ilmu Otak dan Kognitif, dan MIT Sloan School of Management.

Sejarah and misi

[sunting | sunting sumber]

CCI didirikan pada 2006 oleh Profesor Thomas W. Malone. Secara luas, pusat penelitian ini adalah kelanjutan dari penelitian Malone dan kolega-koleganya di Pusat Koordinasi Sains, juga dalam inisiatif "Inventing the Organizations of the 21st Century."

Misi dari pusat ini adalah untuk menemukan jawaban-jawaban baru dari satu motif dasar penelitian: "Bagaimana caranya manusia dan komputer dapat terhubung sehingga, secara kolektif, mereka dapat bekerja lebih cerdas dari individu, kelompok, atau komputer manapun?

Untuk menjawab pertanyaan ini, para peneliti melaksanakan tiga tipe penelitian:

  1. Mengumpulkan contoh-contoh dan studi kasus penerapan kecerdasan kolektif
  2. Menciptakan contoh dan alat baru yang memanfaatkan kecerdasan kolektif masyarakat
  3. Studi dan eksperimen sistematis

Terakhir, mereka juga bekerja mengembangkan teori untuk menjelaskan fenomena kecerdasan kolektif.

Pusat ini disponsori oleh sejumlah perusaan dan organisasi nirlaba.[1]

Profesor Thomas W. Malone sebagai pendiri dan Direktur CCI. Selain Malone, panitia pengarah fakultas meliputi : Professor Randall Davis (Direktur Penelitian, Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Department of Electrical Engineering and Computer Science), Alex (Sandy) Pentland (Toshiba Professor of Media Arts and Science and Director, Human Dynamics Group at the Media Laboratory), dan Josh Tenenbaum - Paul E. Newton Profesor Madya dan Kepala, Computational Cognitive Science Group (Department of Brain and Cognitive Sciences).

Dewan penasehatnya meliputi Tim Berners-Lee, Jimmy Wales, dan Alpheus Bingham (mantan CEO Innocentive, Inc.). Pusat ini juga memiliki komunitas aktif yang terdiri dari ilmuwan riset, mahasiswa, cendekiawan, dan afiliasi lainnya.[2]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "MIT Center for Collective Intelligence". cci.mit.edu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-11-18. 
  2. ^ "MIT Center for Collective Intelligence". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-06-11. Diakses tanggal 2010-08-15. 


Tautan eksternal

[sunting | sunting sumber]