Puri Buonconsiglio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kastil Buonconsiglio
Trento

Dibangun Abad ke-13
Pembangun Keuskupan-Pangeran Trento
Dibuka
untuk umum
yes
Pengawas Galeri Seni Provinsial

Kastil Buonconsiglio (bahasa Italia: Castello del Buonconsiglio) adalah sebuah kastel yang terletak di kota Trento, Italia utara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kastel ini berasal dari bangunan terfortifikasi yang didirikan pada abad ke-13 di sebelah tembok kota. Bangunan pertama ini disebut Castelvecchio ("Kastil Tua") dan merupakan tempat kedudukan Keuskupan Trent dari abad ke-13 hingga akhir abad ke-18.

Kastil Buonconsiglio dikelilingi oleh tembok dan berdiri di tempat yang lebih tinggi daripada kota Trento. Kastel ini sendiri terdiri dari beberapa bangunan yang berasal dari masa-masa yang berbeda. Castelvecchio adalah bangunan tertua dan paling dominan di kompleks ini. Palazzo Magno merupakan hasil dari proyek ekspansi pada abad ke-16, bergaya Renaisans Italia dan diperintahkan pembangunannya oleh Uskup Pangeran dan Kardinal Bernardo Clesio (1485-1539). Bagian ketiga di ujung selatan kompleks Buonconsiglio adalah Menara Elang. Di dalam menara ini terdapat ilustrasi siklus bulan-bulanan yang terkenal dari akhir abad pertengahan.[1]

Uskup George dari Liechtenstein adalah orang pertama yang memperbesar kastel ini pada akhir abad ke-14. Castelvecchio kembali dimodifikasi oleh Johannes Hinderbach yang menambahkan loggiato ganda dan gerbang masik bergaya Gothik. Pada dasawarsa pertama abad ke-16, Uskup Bernardo Clesio membangun kediaman baru yang disebut Palazzo Magno ("Grand Palace"). Struktur terakhir yang ditambahkan adalah Giunta Albertiana (dinamai dari Uskup Francesco Alberti Poja, 1686) yang menyatukan Castelvecchio dengan Palazzo Magno.

Kastel ini menjadi kediaman Uskup-Pangeran Trento hingga tahun 1803. Kastel ini kemudian digunakan oleh Austria sebagai barak militer dan kemudian penjara. Pada tahun 1920-an, saat Trento diserahkan kepada Italia, kastel ini menjadi Museum Nasional dan direstorasi. Semenjak tahun 1992 kastel ini menjadi tempat berdirinya Galeri Seni Provinsial.

Menurut legenda, terowongan rahasia menghubungkan kastel ini dengan Katedral Trento, sehingga Uskup-Pangeran dapat berpindah tanpa diketahui orang.[2]

Bagian dalam[sunting | sunting sumber]

Balai-balai di kastel ini dihiasi oleh lukisan dinding, termasuk balai di Torre Aquila ("Menara Elang"), yang merupakan salah satu contoh seni Gothik Internasional di Eropa: gambar-gambar di Menara Elang mewakili "Siklus Bulan-Bulan" (abad ke-15) dan dibuat oleh seorang artis Bohemia yang tidak diketahui namanya. Lukisan siklus ini juga menarik karena menggambarkan bentang alam, aktivitas ekonomi, perilaku dan busana Trentino pada abad pertengahan. Tembok-tembok Torre del Falco (akhir abad ke-16) dihiasi oleh ilustrasi perburuan, yang juga merupakan contoh langka lukisan bentang alam Jerman di Italia utara.

Pembuatan dekorasi Palazzo Magno ditugaskan oleh Uskup-Pangeran Bernardo Clesio pada awal abad ke-16. Dosso Dossi dan saudaranya Battista membuat lukisan dinding di Sala Grande, Sala degli Specchi, Camera del Camin Nero, Stua della Farnea, perpustakaan, dan beberapa ruangan lainnya. Girolamo Romanino membuat lukisan dinding di loggia Istana Singa (Cortile dei Leoni) dengan tema Renaisans yang umum, seperti mitologi atau kisah Romawi kuno, serta kisah-kisah dari alkitab atau kehidupan sehari-hari. Ia juga melukis Bernardo Clesio di Sala delle Udienze ("Balai Hadirin") yang diiringi oleh anggota keluarga Habsburg (Clesio pernah bekerja untuk mereka sebagai diplomat).

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Castello Del Buonconsiglio". buonconsiglio.it. 
  2. ^ Neri, Mauro (October 1996). "Passaggi segreti". Mille leggende del Trentino. Secondo volume: valle dell'Adige e Trentino meridionale. Trento: Panorama. hlm. 53–54. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Gorfer, Aldo (1992). I castelli di Trento (dalam bahasa Italian). Trento: Arti Grafiche Saturnia. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Buonconsiglio Castle di Wikimedia Commons

Koordinat: 46°04′16″N 11°07′37″E / 46.0711°N 11.1269°E / 46.0711; 11.1269