Pulau Aspen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pulau Aspen
Pemandangan udara dengan Jembatan Kings Avenue di belakang.
Geografi
LokasiDanau Burley Griffin, Canberra
Jumlah pulau1
Titik tertinggi578 m (approx.)
Pemerintahan
NegaraAustralia
Peta

Pulau Aspen yang ada di dalam Danau Burley Griffin adalah pulau buatan yang terletak di Canberra, Wilayah Ibu Kota Australia, Australia.

Pulau Aspen terletak di tenggara Cekungan Tengah Danau Burley Griffin, bersebelahan dengan Kings Park, Parkes. Pulau ini terletak di dalam area seremonial Canberra, yang disebut Parliamentary Triangle. Carillon Nasional Australia terletak di pulau ini, yang terhubung ke daratan taman Kings oleh jembatan penyeberangan yang dinamai John Douglas Gordon, yang memainkan resital perdana.[1]

Nama Pulau Aspen diumumkan pada 21 November 1963 yang diambil dari nama pohon aspen.[2] Pohon apen diklasifikasikan oleh ahli botani sebagai bagian Populus dari genus poplar.

Pulau Aspen adalah pulau terbesar dari tiga pulau di ujung tenggara Cekungan Tengah Danau Burley Griffin. Dua pulau kecil yang berdekatan tidak memiliki namanya.[3]

Pada Juni 2022, Pulau Aspen akan diubah namanya menjadi Pulau Ratu Elizabeth II sebagai bagian dari perayaan Platinum Jubilee-nya di Australia pada bulan Juni.[4]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Ujung barat laut Pulau Aspen selama musim panas.
Pulau Aspen dilihat dari Jembatan Kings Avenue

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aspen Island - Home to the National Carillon". National Capital Authority. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 June 2009. Diakses tanggal 11 March 2010. 
  2. ^ "Aspen Island". Place name search. Government of the Australian Capital Territory. Diakses tanggal 17 February 2013. 
  3. ^ Marshall, Duncan; Firth, Dianne (2011). "National Carillon & Aspen Island Heritage Management Plan" (PDF). National Capital Authority. hlm. 7. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 23 April 2013. Diakses tanggal 17 February 2013. 
  4. ^ "Australia to honour Platinum Jubilee with national events". Media release. Prime Minister of Australia. 1 January 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-28. Diakses tanggal 1 January 2022.