Voli (tenis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pukulan Voli (tenis))

Pukulan voli dalam tenis adalah pukulan di mana bola dipukul sebelum memantul di tanah. Umumnya seorang pemain melakukan pukulan voli sambil berdiri di dekat net, meskipun dapat dilakukan lebih jauh ke belakang, di tengah lapangan tenis atau bahkan di dekat garis dasar. Kata tersebut berasal dari M. French volée yang berarti terbang.

Tujuan utama dari pukulan voli adalah untuk menyerang dan memotong jumlah waktu bagi lawan untuk bereaksi. Keuntungan lainnya adalah seorang pemain menghilangkan kemungkinan pantulan yang buruk dari permukaan yang tidak rata seperti di beberapa lapangan rumput dan tanah liat. Selain itu, jika berada di dekat net, seorang yang melakukan pukulan voli memiliki pilihan sudut yang lebih luas untuk memukul ke lapangan lawan. Namun demikian, refleks yang cepat dan koordinasi tangan dan mata diperlukan untuk melakukan pukulan ini. Cara utama untuk membalas pukulan voli adalah passing shot dan pukulan lob.

Umumnya, seorang pemain yang maju ke net dalam jenis permainan servis dan voli akan melakukan pukulan voli awal yang cukup dekat dengan garis servis. Pemain kemudian akan bergerak mendekati net dengan harapan melakukan pukulan voli untuk mendapatkan poin kemenangan. Sulit untuk melakukan pukulan voli yang efektif di area antara garis dasar dan garis servis, dan akibatnya ini sering disebut "tanah tak bertuan".

Memukul voli dan variannya[sunting | sunting sumber]

Pukulan voli reguler dipukul dengan backswing pendek dan stroke yang meninju. Saat berdiri di depan net, seorang pemain biasanya tidak punya waktu untuk melakukan backswing panjang. Namun, ketika bola datang dengan kecepatan yang lebih rendah, seorang yang melakukan pukulan voli dapat melakukan backswing yang lebih panjang untuk memberikan lebih banyak kekuatan pada bola, yang disebut swing volley. Seorang pemain juga dapat menyentuh bola dengan lembut, sehingga bola akan jatuh tepat setelah net. Ini dikenal sebagai drop volley.

Jenis pukulan voli yang lainnya adalah drive volley. Ini dipukul dengan backswing penuh dan lanjutan. Secara efektif ini adalah pukulan voli yang setara dengan groundstroke dan pukulan yang sangat agresif, memberi lawan waktu yang lebih sedikit, dan dapat digunakan sebagai cara untuk mendekati net (approach shot).

Agar efektif dan aman, pukulan voli harus berupa (1) drop volley yang hampir tidak melewati net sehingga pemain lawan tidak akan bisa mencapainya, atau (2) pukulan dengan sudut yang sangat tajam sehingga lawan lagi-lagi tidak dapat mencapainya, atau (3) pukulan keras yang memantul sangat dekat dengan garis dasar lawan dan garis samping dan berfungsi sebagai pukulan persiapan untuk mengantisipasi balasan yang lemah oleh lawan. Pukulan voli lainnya akan memungkinkan lawan untuk mendapatkan bola dalam waktu yang cukup untuk melakukan pukulan balasan yang agresif, baik pukulan lob atau passing shot.

Half volley[sunting | sunting sumber]

Pukulan tenis ini disebut half volley karena bola belum dicegat sebelum memantul. Raket menyentuh bola hampir pada permukaan. Semakin rendah bola yang datang ke seorang yang melakukan pukulan voli, semakin sulit pukulan ini karena membutuhkan pemikiran adaptif dan refleks yang cepat. Dalam kasus seperti itu, akan lebih menguntungkan untuk membiarkan bola memantul dan segera melakukan pukulan balik saat bola naik daripada mencoba melakukan pukulan voli. Beberapa ahli half volley yang terkenal termasuk pemain seperti: John McEnroe, Patrick Rafter, dan Leander Paes.

Pemukul voli yang luar biasa[sunting | sunting sumber]

Tim Henman adalah pemainservis dan voli yang terkenal di komunitas tenis karena "sentuhannya" yang luar biasa.

Dalam autobiografinya tahun 1979, Jack Kramer, mendedikasikan satu halaman untuk pukulan tenis terbaik yang pernah dia lihat. Dia menulis:

FOREHAND VOLLEY— Wilmer Allison dari Texas, yang memenangkan Forest Hills 1935, memiliki pukulan yang terbaik yang pernah saya lihat saat saya kecil, dan saya belum pernah melihat siapapun yang memukul lebih baik. Budge Patty yang paling mendekati, kemudianNewcombe. BACKHAND VOLLEY—Hampir sama di antara Budge, Sedgman dan Rosewall, dengan Sedgman yang lebih unggul mungkin karena kecepatannya. Schroeder dan Trabert hampir sama luar biasanya.

Di antara para pemain pria era terbuka (pasca 1968), John McEnroe dan Stefan Edberg dan Leander Paes umumnya dianggap sebagai seorang yang melakukan pukulan voli terbaik dan paling alami, meskipun beberapa[siapa?] menganggap Patrick Rafter atau Tim Henman sama mahirnya. Pete Sampras juga dianggap memiliki pukulan voli terbaik baru-baru ini.

Di antara para pemain wanita era terbuka, Martina Navratilova dianggap sebagai seorang yang melakukan pukulan voli yang luar biasa. Jana Novotná juga terkenal karena keterampilan pukulan volinya yang unggul.

Pemain pria lainnya yang dikenal karena keterampilan pukulan voli mereka yang unggul meliputi:

Pemain wanita yang dikenal karena keterampilan pukulan voli mereka yang unggul meliputi:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ranking the 10 Best net Players in tennis Today". Bleacher Report. 3 Aug 2013. Diakses tanggal 27 July 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]