Lapangan rumput

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lapangan rumput tenis

Lapangan rumput adalah salah satu dari empat jenis lapangan tenis tempat olahraga tenis, awalnya dikenal sebagai "tenis rumput", dimainkan. Lapangan rumput terbuat dari rumput dalam komposisi berbeda tergantung pada turnamennya.

Meskipun lapangan rumput lebih tradisional daripada jenis lapangan tenis lainnya, biaya pemeliharaan lapangan rumput lebih tinggi daripada lapangan keras dan lapangan tanah liat. Lapangan rumput (jika tidak ada penutup yang sesuai) harus ditinggalkan pada hari itu jika hujan muncul, karena rumput menjadi sangat licin saat basah.

Gaya permainan[sunting | sunting sumber]

Karena lapangan rumput cenderung licin, bola sering kali tergelincir dan memantul rendah sambil mempertahankan sebagian besar kecepatannya, jarang naik di atas ketinggian lutut. Selain itu, sering terjadi pemantulan yang buruk. Akibatnya, pemain harus mencapai bola lebih cepat dibandingkan permukaan lain, dan reli cenderung relatif singkat; oleh karena itu, kecepatan dan kekuatan dihargai di atas rumput. Di rumput, servis dan pengembalian memainkan peran utama dalam menentukan hasil poin, meningkatkan pentingnya servis secara efektif, dan mempertahankan fokus dalam pertukaran yang dapat sangat dipengaruhi oleh penyimpangan dalam konsentrasi.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]