Pseudo-Dionysius the Areopagite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pseudo-Dionysius the Areopagite (nama samaran) adalah seorang biarawan Suriah dan penulis Yunani yang menulis serangkaian risalah dan surat Yunani yang berupaya menghubungkan filsafat Neoplatonik dan filsafat Kristen; teologi dan pengalaman mistik pada masa kejayaannya sekitar abad ke-5 atau tahun 500 Masehi.[1] Karyanya dikenal sebagai Corpus Areopagiticum atau Corpus Dionysiacum. Tulisan-tulisannya membentuk tren Neoplatonik yang berbeda dalam sebagian besar doktrin dan spiritualitas Kristen abad pertengahan, khususnya di Gereja Latin Barat.

Pemikiran[sunting | sunting sumber]

Risalah yang menjadi bagian terbesar dari tulisan Dionysian antara lain “On the Divine Names" tentang Nama-Nama Ilahi, “On Mystical Theology" tentang Teologi Mistik, “On the Celestial Hierarchy" tentang Hirarki Langit, dan “On the Ecclesiastical Hierarchy" tentang Hirarki Gerejawi. Koleksi ini mencakup 10 surat yang mempengaruhi karya-karya Kristen mula-mula (primitif) pada abad pertama. Isi ajarannya mencakup Trinitas dan dunia malaikat, inkarnasi dan penebusan, serta hal-hal terakhir, yang memberikan penjelasan simbolis dan mistik tentang semua itu.[1]

Risalah “On the Divine Names” dan “On Mystical Theology” menggambarkan sipat dan dampak dari do'a kontemplatif, yaitu pengabaian secara disiplin terhadap indra dan bentuk yang masuk akal dan dapat dipahami untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pengalaman langsung “cahaya dari kegelapan Ilahi” serta persatuan luar biasa dalam cara dan cakupannya. Dalam risalah tentang hirarki-nya, dia berteori bahwa segala sesuatu yang ada (bentuk masyarakat Kristen, tahapan do'a, dan dunia malaikat) disusun sebagai tiga serangkai, gambaran Trinitas yang kekal.[1]

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Kekristenan Timur[sunting | sunting sumber]

Awalnya kaum Miaphysites menggunakan gagasan Dionysius untuk mendukung beberapa argumen mereka, namun akhirnya diadopsi oleh teolog gereja lainnya. Para teolog seperti John Damaskus dan Germanus I dari Konstantinopel juga banyak menggunakan tulisan Dionysius. Tulisan dan ajaran mistik Dionysian diterima secara luas di seluruh Timur oleh orang Kalsedon dan non-Kalsedon.

Kekristenan Latin[sunting | sunting sumber]

Ajaran Dionysius di Barat pertama kali dijalankan oleh Paus Gregorius I. Setelah kembali dari misinya sebagai wakil kepausan kepada kaisar di Konstantinopel pada tahun 585 SM, dia mungkin membawa kodeks Corpus Areopagitum kembali bersamanya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa karya Gregorius yang merujuk pada karya Dionysius. Selama abad ke-7 dan ke-8, Dionysius kurang dikenal di Barat, kecuali dari beberapa penyebutan dalam referensi yang tersebar saja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Pseudo-Dionysius the Areopagite | Biography, Works, & Facts | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-04-02.