Provinsi Oki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Provinsi Oki (隠岐国, oki no kuni) adalah provinsi lama Jepang dengan wilayah yang mencakup seluruh Kepulauan Oki yang terletak di Laut Jepang, tepatnya di lepas pantai provinsi Izumo dan provinsi Hoki.

Kepulauan Oki terdiri dari dua pulau besar dan beberapa pulau yang lebih kecil. Ibu kota terletak di lokasi yang sekarang dikenal sebagai kota Saigo, tetapi hanya sedikit peninggalan ibu kota lama yang berhasil ditemukan. Kuil resmi agama Shinto untuk provinsi Oki juga terletak di kota Saigo.

Oki merupakan lokasi ideal untuk pembuangan tawanan politik dan merupakan tempat pengasingan kaisar Go-Toba dan kaisar Go-Daigo.

Sejak zaman Kamakura, provinsi Oki diperintah oleh shugo yang menguasai provinsi Izumo. Di zaman Muromachi, provinsi Oki secara berturut-turut dikuasai klan Sasaki, klan Yamana dan klan Kyogoku.

Di zaman Sengoku, Oki dikuasai klan Amako hingga keruntuhannya pada zaman Keshogunan Tokugawa. Setelah itu, provinsi Oki dijadikan wilayah kekuasaan langsung shogun pada zaman Keshogunan Tokugawa dan daimyo dari klan Matsudaira ditunjuk sebagai penguasa provinsi Oki.

Provinsi Oki sekarang menjadi distrik Oki yang merupakan bagian dari prefektur Shimane.