Proses Dow (bromin)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Proses Dow (bromin) adalah metode elektrolitik ekstraksi brom dari air garam, dan merupakan proses revolusioner kedua Herbert Henry Dow untuk menghasilkan brom secara komersial.

Proses ini dipatenkan pada tahun 1891. Dalam penemuan aslinya, air garam yang mengandung bromida diolah dengan asam sulfat dan bubuk pemutih untuk mengoksidasi bromida menjadi brom, yang tetap larut dalam air. Larutan berair diteteskan ke kain goni, dan udara dihembuskan menyebabkan bromin menguap. Brom dijebak dengan putaran besi untuk menghasilkan larutan ferric bromide. Perlakuan dengan lebih banyak logam besi mengubah ferric bromide menjadi ferrous bromide via perbandingan proporsional. Jika diinginkan, brom bebas dapat diperoleh melalui dekomposisi termal besi bromida.[1]

Sebelum Dow memasuki bisnis bromin, air garam diuapkan dengan cara dipanaskan menggunakan potongan kayu dan kemudian natrium klorida yang mengkristal dihilangkan. Zat pengoksidasi ditambahkan, dan brom terbentuk dalam larutan. Kemudian brom disuling. Ini adalah proses yang sangat rumit dan mahal.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ US 460370, H. H. Dow, "Process of Extracting Bromine", dikeluarkan tanggal 1891-09-29