Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra

Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra berdiri pada tanggal 25 Mei 1998. Program Informatika bernaung di bawah naungan Jurusan Teknik Informatika.
Fokus program Informatika yaitu menghasilkan lulusan yang mempunyai spesialisasi pada aplikasi dinamis (dynamic application) yaitu aplikasi yang dapat dijalankan pada berbagai macam perangkat keras (komputer, PDA, handphone) dengan menggunakan infrastruktur jaringan komputer baik wireless maupun kabel.
Sehingga Jurusan Teknik Informatika menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan kepemimpinan, berintegritas, kompeten dan professional dalam bidang TI, dengan kualifikasi mampu mendesain dan memecahkan masalah sesuai bidangnya, memiliki wawasan global, mampu menjadi pelaku perubahan untuk meningkatkan daya saing bangsa berdasarkan nilai-nilai Kristiani.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jurusan Teknik Informatika Universitas Kristen Petra secara resmi didirikan melalui Surat Keputusan No. 147/DIKTI/KEPT/1998, tanggal 25 Mei 1998 dan telah terakreditasi dengan nilai A berdasar Surat Keputusan 018/BAN-PT/Ak-XII/S1/VII/2009 pada tanggal 10 Juli 2009.
Meskipun merupakan jurusan baru, sebenarnya cikal bakal Jurusan Teknik Informatika ini sudah dimulai sejak dibukanya Bidang Studi Teknik Komputer di Jurusan Teknik Elektro pada tahun akademik 1992/1993. Hal ini membuat Jurusan Teknik Informatika tidak mengalami permasalahan dengan sumber daya manusia, karena semua dosennya sudah dipersiapkan sejak dibukanya Bidang Studi Teknik Komputer tersebut. Selain itu pengalaman selama membina Bidang Studi Teknik Komputer sangat bermanfaat dalam pembukaan Jurusan Teknik Informatika ini.
Pada 1 Maret 1998, telah ditunjuk Ir. Djoni H. Setiabudi, M.Eng. sebagai Ketua Jurusan Teknik Informatika dan kemudian pada tanggal 26 Mei 2006 diganti oleh Ketua Jurusan yang baru Rudy Adipranata S.T., M.Eng.

Keunggulan Bersaing[sunting | sunting sumber]

Informatika Universitas Kristen Petra mempunyai keunggulan-keunggulan:

  1. Staf pengajar adalah lulusan S2 dan S3 dari universitas luar dan dalam negeri, profesor di bidang Soft Computing serta praktisi di bidang teknologi informasi serta bisnis.
  2. Mempunyai kerja sama penyelenggaraan dual degree (gelar ganda) dengan Inholland University dan Fontys University, Belanda yang memungkinkan mahasiswa memperoleh dua gelar (Bachelor of Engineering/B.Eng dan Sarjana Komputer/S.Kom) pada saat lulus dengan mengikuti perkuliahan 3 tahun UK Petra + 1 tahun universitas luar negeri.
  3. Bekerja sama dengan Cisco untuk menyelenggarakan program sertifikasi internasional yaitu Cisco Network Academy Program guna membekali mahasiswa dengan kemampuan profesional yang dibutuhkan di dunia kerja.
  4. Bekerja sama dengan Oracle Academy untuk mendukung perkuliahan.
  5. Bekerja sama dengan testing center Pearson VUE yang memungkinkan mahasiswa mengikuti tes guna mendapat sertifikasi internasional yang digunakan sebagai nilai tambah saat memasuki dunia kerja.
  6. Perpustakaan dengan lebih dari 5000 judul koleksi di bidang teknologi informasi.
  7. Mempunyai beragam prestasi di tingkat nasional dan internasional seperti memenangkan hibah PHK A-2 DIKTI 2007-2009, memenangkan hibah penelitian dosen muda, penelitian hibah bersaing, hibah kompetensi DIKTI sejak 2006 hingga sekarang, best paper award pada seminar internasional.
  8. Mempunyai 6 laboratorium penunjang kegiatan perkuliahan: Sistem Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Sistem Cerdas dan Multimedia.
  9. Akses free internet 24 jam ditunjang dengan WiFi hotspot di seluruh kampus.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]