Program Salyut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Salyut program insignia.svg
Salyut-4 diagram.gif

Program Salyut (Rusia: Салют, IPA: [sɐlʲut], Salute atau Fireworks) adalah program stasiun ruang angkasa pertama yang dilakukan oleh Uni Soviet, yang terdiri dari serangkaian empat stasiun ruang angkasa berawak untuk penelitian ilmiah dan dua stasiun ruang angkasa berawak untuk pengintaian militer dalam periode 15 tahun (1971-1986). Dua peluncuran Salyut lainnya gagal. Di satu sisi, Salyut dirancang untuk melakukan penelitian jangka panjang pada masalah kehidupan hidup dalam ruang angkasa dan pada berbagai subjek astronomi, biologi dan Bumi - sumber percobaan. Di sisi lain, program sipilnya digunakan sebagai penutup untuk stasiun militer Almaz yang sangat rahasia. Salyut 1, stasiun pertama dalam program ini, menjadi stasiun berawak ruang angkasa pertama di dunia.

Salyut memecahkan beberapa rekor penerbangan antariksa, termasuk beberapa catatan durasi misi, penyerahan orbital pertama dari stasiun ruang angkasa dari satu kru yang lain, dan berbagai catatan angkasa. Program Soyuz sangat penting untuk pengembangan teknologi stasiun ruang angkasa dari dasarnya, tahap pengembangan rekayasa, stasiun pelabuhan kompleks single-docking, pos-pos orbital multi-porting jangka panjang dengan kemampuan ilmiah yang mengesankan, dengan warisan teknologi yang terus terjaga hari ini. Pada akhirnya, pengalaman yang diperoleh dari stasiun Salyut terus membuka jalan bagi stasiun ruang angkasa multimodular seperti Mir dan Stasiun Luar Angkasa Internasional, dengan masing-masing stasiun memiliki modul inti Salyut yang diturunkan pada intinya.

Mir-2 (DOS-8), pesawat ruang angkasa akhir dari seri Salyut, menjadi salah satu modul pertama dari ISS, dan modul pertama dari ISS, Zarya buatan Rusia, yang sangat bergantung pada teknologi yang dikembangkan dalam program Salyut.

Referensi[sunting | sunting sumber]