Prithvi Narayan Shah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Prithvi Narayan Shah
Raja Nepal
Masa kekuasaan25 September 1743 – 11 Januari 1775
Dinobatkan25 September 1768[1]
Lahir11 Januari 1723[2]
Tempat lahirGorkha, Nepal
Wafat11 Januari 1775 (usia 52 tahun)
Tempat wafatDevighat, Nepal
PendahuluNara Bhupal Shah
PenggantiPratap Singh Shah
Pasangan dariIndra Kumari Devi
Narendra Rajya Laxmi Devi
Icchavati Devi
Dayavati Devi
AnakPratap Singh Shah
Vedum Shah
Bahadur Shah
Narayan Shah
Vishnu Shah
WangsaDinasti Shah
AyahNara Bhupal Shah
IbuKaushalyawati Shah
AgamaHindu

Prithvi Narayan Shah, Raja Nepal (1722 - 1775 M; Nepal: पृथ्वी नारायण शाह) adalah seorang pemimpin Nepal. Ia adalah keturunan generasi ke-9 dari Dravya Shah (1559 - 1570 M), pendiri dinasti berkuasa Gorkha. Prithvi Narayan Shah melanjutkan ayahnya, Raja Nara Bhupal Shah ke tampuk kekuasaan Gorkha tahun 1743 M.

Kesuksesan Raja Prithvi Narayan Shah dimulai dengan penyatuan Nuwakot, yang terletak antara Kathmandu dan Distrik Gorkha. tahun 1744 M. Setelah Nuwakot, ia menduduki tempat-tempat strategis di bukit yang mengelilingi Lembah Kathmandu. Komunikasi di lembah ini menuju dunia luar terputus. Pendudukan Celah Kuti tahun 1756 M menghentikan perdagangan di lembah ini dengan Tibet.

Akhirnya, Raja Prithvi Narayan Shah memasuki Lembah, setelah menguasai Kirtipur. Akibatnya, Jaya Prakash Malla dari Kathmandu berusaha kabur dengan istrinya dan mengasingkan diri di Patan. Ketika pendudukan meluas hingga Patan beberapa minggu kemudian, Jaya Prakash Malla dan Raja Patan, Tej Narsingh Malla, mengungsi di Bhaktapur, yang juga dikuasai kemudian. Selanjutnya, Raja Prithvi Narayan Shah menguasai Lembah Kathmandu dan menjadikan Kathmandu ibukota Nepal tahun 1768 M. Setelah dasar Kerajaan Nepal dibentuk, Raja Prithvi Narayan Shah mengalihkan perhatiannya ke wilayah timur. Kerajaan Choudandi milik Sena dikuasai tahun 1773 M dan Vijaypur, Kerajaan Sena lainnya dianeksasi kemudian.

Nepal pada masa itu memanjang dari Punjab hingga Sikkim dan hampir dua kali lebih luas daripada sekarang.[3]

Raja Prithvi Nārāyaṇ Shah menutup perbatasannya dan membina hubungan damai tetapi jauh dengan Britania Raya, menolak berdagang dengan mereka. Ia wafat sebelum ia dapat menyelenggarakan administrasi negara barunya. Ia wafat bulan Januari 1775 M pada usia 52 tahun. Setelah kematiannya, Prithvi Nārāyaṇ digantikan oleh putranya, Pratāp Singh Shah.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Royal Ark
  2. ^ Acharya, Baburam. Shree Panch BadaMaharajdhiraj Prithivi Narayan Shah ko Sanxipta Jiwani, Part I (dalam bahasa Nepali). hlm. 42. 
  3. ^ "Britannica Encyclopedia". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Nara Bhupal Shah
Raja Gorkha
1743– 1768
Diteruskan oleh:
Dirinya sebagai Raja Nepal
Didahului oleh:
Dirinya sebagai Raja Ghorka
Raja Nepal
1768 – 1775
Diteruskan oleh:
Pratap Singh Shah