Priacanthidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Priacanthidae
Priacanthus hamrur
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Famili:
Priacanthidae

Genus

Priacanthidae adalah keluarga dari 18 spesies ikan laut bersirip kipas. Catalufa adalah nama umum alternatif untuk beberapa anggota Priacanthidae. Etimologi nama ilmiahnya yakni prioo (menggigit) + akantha (duri), mengacu pada sisik berdurinya yang sangat kasar. Priacanthidae biasanya berwarna merah cerah, tetapi beberapa memiliki pola berwarna perak, coklat kehitaman, atau hitam. Sebagian besar spesiesnya mencapai panjang total maksimum sekitar 30 cm, meskipun beberapa spesies diketahui memiliki panjang lebih dari 50 cm.

Sebagian besar anggota famili ini berasal dari bagian tropis dan subtropis di Samudra Hindia dan Pasifik, tetapi empat spesiesnya yakni Cookeolus japonicus, Heteropriacanthus cruentatus, Priacanthus arenatus, dan Pristigenys alta ditemukan di Samudera Atlantik. Mereka cenderung hidup di dekat tonjolan batu atau karang, meskipun beberapa diantaranya diketahui mendiami perairan terbuka. Banyak spesiesnya yang ditemukan di perairan yang relatif dalam, di bawah kedalaman yang dapat dicapai dengan scuba diving biasa. Beberapa spesiesnya dipancing untuk dimakan.

Fosil Priacanthidae teridentifikasi paling awal berasal dari zaman Eosen tengah periode Tersier bawah, atau kira-kira 40 hingga 50 juta tahun yang lalu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard van der Laan; William N. Eschmeyer; Ronald Fricke (2014). "Family-group names of Recent fishes". Zootaxa. 3882 (2): 001–230. doi:10.11646/zootaxa.3882.1.1alt=Dapat diakses gratis. PMID 25543675.