Prasasti Ram Khamhaeng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Prasasti Ram Khamhaeng, dipajang di Museum Nasional Bangkok

Prasasti Ram Khamhaeng, secara resmi dikenal sebagai Prasasti Sukhothai No.1, adalah sebuah batu prasasti yang memuat inskripsi yang secara tradisional dianggap sebagai contoh paling awal dari aksara Thai. Ditemukan pada tahun 1833 oleh Raja Mongkut (Rama IV), prasasti ini akhirnya ditafsirkan makna isinya dan bertarikh 1292. Teks tersebut memberitahukan, antara lain, deskripsi Kerajaan Sukhothai pada masa Raja Ram Khamhaeng, yang kepadanya prasasti ini sering dihubungkan. Prasasti ini memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan historiografi Thailand sejak awal abad ke-20, yang kemudian menganggap Sukhothai sebagai kerajaan Thailand pertama.

Dari akhir tahun 1980-an hingga 1990-an, pernyataan bahwa prasasti ini merupakan suatu tiruan dari masa kemudian menyebabkan perdebatan ilmiah yang intens, yang belum diselesaikan secara definitif, meskipun sebagian besar akademisi saat ini menganggapnya sebagai setidaknya sebagian autentik. Prasasti ini secara luas dianggap sebagai satu-satunya dokumen terpenting dalam sejarah Thailand, dan dikukuhkan dalam Program Memori Dunia UNESCO pada tahun 2003.

Deskripsi dan penemuan[sunting | sunting sumber]

The inscription was discovered near the foundations of the old palace ruins, known as Noen Prasat, now in Sukhothai Historical Park.

Prasasti ini berbentuk sebuah pilar empat sisi, sebagian besar berbentuk persegi dan lebar 35,50 sentimeter (13,98 in) di setiap sisinya, dengan sebuah puncak piramida bundar. Prasasti ini terbuat dari batulana; bagian atas yang memuat inskripsi dipoles, sedangkan bagian bawah, yang mungkin dipasang pada sebuah fondasi, tetap kasar. Tinggi totalnya adalah 114,50 sentimeter (45,08 in).[1][2]

Prasasti ini ditemukan pada tahun 1833 oleh Pangeran Mongkut, yang kemudian menjadi raja pada tahun 1851 dan pada saat itu ditahbiskan sebagai seorang biksu.[3] Mongkut telah melakukan ziarah ke kota kuno Sukhothai, tempat dia menemukan prasasti tersebut di antara reruntuhan istana kuno, serta sebuah lempengan batu berukir yang diyakini merupakan takhta penguasa Sukhothai. Dia meminta rombongannya membawa benda-benda itu kembali ke Bangkok, dan ditempatkan di Wat Samo Rai (sekarang bernama Wat Rachathiwat) tempat dia bersemayam. Prasasti itu dibawa Mongkut ke Wat Bowonniwet pada tahun 1836, dan kemudian dipindahkan ke Balairung Takhta Dusit Maha Prasat di Istana Raja pada tahun 1911. Sekali lagi dipindahkan ke Perpustakaan Vajirayana pada tahun 1924, dan akhirnya diakuisisi oleh Museum Nasional Bangkok pada tahun 1968, tempat prasasti tersebut dalam pameran tetap saat ini.[1][3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b The Thai National Committee on Memory of the World Programme of UNESCO (29 January 2003). "Memory of the World Register Nomination Form: Thailand – The King Ram Khamhaeng Inscription" (PDF). Diakses tanggal 8 December 2017. 
  2. ^ Bradley, Cornelius Beach (April 1909). "The Inscription of Phra Ram Khamhæng of Sukhothai, 1293 A.D." (PDF). Journal of the Siam Society. 6 (1): 1–72. Diakses tanggal 14 December 2017. 
  3. ^ a b Griswold, A.B.; Prasert na Nagara (July 1971). "Epigraphic and Historical Studies No.9 : The Inscription of Ramkamhaeng of Sukhothai (1292 A.D.)" (PDF). Journal of the Siam Society. 59 (2): 179–246. Diakses tanggal 14 December 2017.