Pradan Mantri Poshan Shakti Nirman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pradan Mantri Poshan Shakti Nirman atau PM POSHAN adalah sebuah skema makan siang gratis untuk anak sekolah di India yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan India. Program tersebut mencakup anak sekolah negeri dari kelas I-VII yang mendapatkan makan siang gratis. Program makan siang gratis anak sekolah mula-mula diperkenalkan di Madras (kini Chennai), ibu kota negara bagian Tamil Nadu pada 1925.

Pada 2002, program makan siang gratis diadopsi secara nasional lewat putusan Mahkamah Agung India pada November 2001. Putusan Mahkamah Agung tersebut berawal dari gugatan People's Union for Civil Liberties (PUCL) usai kekeringan parah di sejumlah daerah India pada 2001. Mahkamah Agung memutuskan bahwa pemerintah perlu menyediakan makan siang gratis di semua sekolah negeri atau sekolah yang dibantu oleh pemerintah.

Program makan siang gratis pun mulai dieksekusi dengan pembagian anggaran 60 persen oleh pemerintah pusat dan 40 persen oleh pemerintah negara bagian. Sedangkan implementasi penyediaan makanan di lapangan diserahkan ke badan pemerintah lokal, umumnya tingkat desa, organisasi guru dan murid, hingga lembaga swadaya masyarakat.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]