Potongan kelokan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Animasi terbentuknya danau tapal kuda

Potongan kelokan merupakan proses evolusi sungai yang terjadi ketika lengkungan kelokan sungai terpotong oleh sebuah saluran luncur yang kemudian menghubungkan kedua lengkungan sungai yang saling berdekatan tersebut. Hal ini akan menyebabkan aliran air akan cenderung mengalir ke kanal sungai yang memiliki kemiringan lebih rendah dan mengabaikan kedua lengkungan yang saling bertemu tadi[1]. Potongan sungai merupakan proses evolusi alami pada kelokan sungai dan juga merupakan perilaku alami sungai dalam memilih jalur air mengalir sependek mungkin[2]. Kedua lengkungan sungai yang telah bersatu tadi kemudian akan berkembang menjadi danau tapal kuda.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Pemandangan di sepanjang bekas kelokan sungai Mississippi di perbatasan antara Tennessee dan Arkansas tepatnya di Reverie, Tennessee (2007)

Pada tanggal 7 Maret 1876 sebuah pemotongan sungai tiba-tiba terbentuk di Sungai Mississippi dan memotong bagian leher dari kelokan sungai. Potongan sungai ini kemudian dikenal sebagai Siku Iblis. Letaknya dekat dengan Reverie, Tennessee. Pembentukan potongan sungai ini memperpendek panjang sungai dan kemudian menghubungkan kota Reverie ke Arkansas tetapi melalui alur sungai baru dari sisa sungai yang dulu terdapat di Tennessee.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NSF Award Search: Award # 0852865 - SGER: Fluvial Dynamics of a Large-River Meander Cutoff". www.nsf.gov. Diakses tanggal 2024-01-18. 
  2. ^ River morphodynamics and stream ecology of the Qinghai-Tibet Plateau. Boca Raton: CRC press. 2016. ISBN 978-1-138-02771-8. 
  3. ^ Christine A. Klein, Sandra B. Zellmer (2014). Mississippi River Tragedies: A Century of Unnatural Disaster. NYU Press. hlm. 19. ISBN 9781479856169.