Postcrossing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Postcrossing
Postcrossing Logo.png
Jenis situs
Project Website
BahasaInggris
PemilikPaulo Magalhães
PenciptaPaulo Magalhães
Slogan"send a postcard and receive a postcard back from a random person somewhere in the world!"
Situs webhttp://www.postcrossing.com
Diluncurkan2005

Postcrossing adalah sebuah proyek online yang memungkinkan para anggotanya untuk mengirim dan menerima kartu pos yang nyata dari seluruh dunia. Tagline proyek ini adalah "Send a postcard and receive a postcard back from a random person somewhere in the world! (Mengirim kartu pos dan menerima kartu pos kembali dari seseorang secara acak di suatu tempat di dunia!)" [1] Anggotanya juga dikenal sebagai Postcrossers, mengirim kartu pos kepada anggota lain dan menerima kartu pos kembali dari Postcrossers secara acak lainnya. Dari mana kartu pos itu berasal selalu menjadi kejutan bagi yang menerimanya.

Postcrossing adalah gabungan dari kata post (atau kartu pos) dan crossing (persimpangan) dan asal usulnya "secara longgar berbasis pada situs Bookcrossing".[2] Namun, crossing (persimpangan) atau pertukaran kartu pos bekerja dengan cara yang berbeda. Seorang anggota mengirim kartu pos ke Postcrosser dan menerima kartu pos kembali dari Postcrosser di belahan dunia lain secara acak. Pertukaran antara dua anggota yang sama hanya terjadi sekali, meskipun tukar-menukar langsung antara anggota terjadi, mereka bukan bagian dari kejadian resmi pada situs. Proyek ini sepenuhnya gratis dan siapapun yang mempunyai alamat dapat membuat akun. Namun, kartu pos itu sendiri dan biaya ongkos kirim kartu pos mereka adalah tanggung jawab dari tiap pengguna.

Pada Maret 2011, Postcrossing memiliki lebih dari 210,000 anggota di 203 negara yang berbeda yang telah menukarkan lebih dari 6 juta kartu pos. Saat ini, lebih dari 700 kartu pos tiba setiap jam di seluruh dunia berkat proyek Postcrossing.[3]

Konsentrasi tertinggi Postcrossing anggota tinggal di Amerika Serikat, Cina, Rusia, Taiwan, Jerman, Belanda dan Finlandia.[4] Secara global, anggota Postcrossers sebagian besar berada di Amerika Utara, Eropa, dan Asia Timur.[5]

Cara kerjanya[sunting | sunting sumber]

Ide utama dari Postcrossing adalah bahwa jika anggota mengirimkan sebuah kartu pos ia akan menerima setidaknya satu kartu pos kembali dari Postcrosser secara acak di suatu tempat di dunia.

Langkah pertama adalah permintaan untuk mengirim kartu pos. Situs ini akan menampilkan (dan mengirim anggota e-mail) alamat lain Postcrosser dan ID Postcard (misalnya: NES-376). ID Postcard unik mengidentifikasi bahwa kartu pos dalam sistem. Anggota kemudian mengirimkan kartu pos untuk yang Postcrosser dan menulis ID Postcard di atasnya. Postcrosser menerima kartu pos tersebut dan meregister menggunakan ID Postcard yang ada di kartu pos. Pada titik ini, anggota telah memenuhi syarat untuk menerima kartu pos dari Postcrosser lain. Dan dari mana kartu pos berasal adalah sebuah kejutan! [6]

Awalnya setiap anggota dapat memiliki hingga 5 kartu pos yang dapat melakukan perjalanan pada setiap saat. Setiap kali salah satu dari kartu pos yang dikirim terdaftar, Postcrosser dapat meminta alamat lain. Jumlah kartu pos yang diizinkan untuk melakukan perjalanan setiap saat naik satu kartu pos seiring dengan semakin banyaknya kartu pos yang dikirim anggota.[7]

Sistem Postcrossing memungkinkan untuk dua anggota yang sama untuk saling bertukar kartu pos hanya sekali. Secara kasar, anggota akan bertukar kartu pos dengan negara-negara lain daripada Negara mereka sendiri, namun pengguna dapat memutuskan untuk bertukar kartu pos dengan pengguna lain di negara sendiri.

Sebagian kecil kartu pos dikirim tersesat selama perjalanan mereka; atau yang lain mungkin datang dengan ID Postcard yang tidak terbaca sehingga sulit untuk mendaftar. Ada juga anggota yang menjadi tidak aktif saat kartu pos sudah dikirim untuk mereka. Sistem di balik akun website telah memperkirakan semua faktor dan kompensasi anggota aktif dengan mencoba untuk mengurangi perbedaan antara jumlah kartu pos yang dikirim dan diterima dari masing-masing anggota.

Mulai menulis kartu pos[sunting | sunting sumber]

Agar kartu pos yang dikirim dapat didaftarkan, penerima harus dapat membaca ID Postcard. ID Postcard adalah kode kecil yang unik untuk mengidentifikasi kartu pos dalam sistem. Hal ini terdiri dari dua bagian: dua huruf (kode negara) dan nomor. ID Postcard digunakan oleh penerima untuk mendaftarkan kartu pos diterima di Postcrossing.

Untuk setiap alamat yang Anda minta untuk mengirim kartu pos, ID Postcard akan diberikan kepada Anda. Ini berarti hanya kartu resmi yang memiliki ID Postcard (kartu pos yang Anda telah bertukar dengan pengguna lain tidak dapat didaftarkan).

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan dihindari dalam menulis ID Postcard.[8]

Yang sebaiknya dilakukan:
- Lakukan menulis di sisi kiri kartu pos (arah teks merupakan hal yang penting).
- Lakukan menulis lebih dari sekali pada kartu pos.
- Lakukan pemeriksaan yang berulang untuk memastikan bahwa Anda menulis dengan benar.

Yang sebaiknya dihindari:
- Tidak menulis di bawah atau ke kanan dari alamat.
- Tidak menulis di samping prangko.

Banyak hal yang dapat dituliskan dalam kartu pos yang akan dikirim, semua tergantung pada Anda. Jika kartu pos memiliki gambar kota Anda, Anda mungkin ingin menulis sesuatu tentang kota. Anda juga dapat berbicara tentang diri Anda, berbicara tentang sesuatu yang lucu, atau hanya say hi! Semua benar-benar terserah Anda untuk memutuskan apa yang Anda ingin tulis, tetapi ada kemungkinan bahwa kartu pos Anda akan sampai di tangan anak-anak sehingga isinya mungkin bisa lebih umum. Namun jika tetap bingung, berikut adalah beberapa ide tentang apa yang harus ditulis: - Tempat Anda tinggal - Diri sendiri - Situs pribadi atau weblog - Negara Anda - Pertanyaan tentang orang atau tempat atau negara yang kartu pos Anda tuju - Informasi tentang bagaimana anggota lain dapat menghubungi Anda

Selalu pastikan bahwa ID Postcard Anda telah tertulis dengan jelas karena hal tersebut adalah satu-satunya cara penerima dapat mendaftarkan kartu pos Anda di website.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gagasan untuk proyek ini diciptakan oleh Paulo Magalhães, yang memulai situs ini pada 14 Juli 2005. Motivasi tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa ia suka menerima surat, terutama kartu pos.[9] "Unsur kejutan dalam menerima kartu pos dari berbagai tempat di dunia (bahkan banyak yang Anda mungkin belum pernah dengar sebelumnya) dapat mengubah kotak surat Anda menjadi sebuah kotak kejutan - dan siapa yang tidak akan suka hal tersebut?”[10]

Proyek ini dimulai pada awalnya hanya sebagai hobi untuk Paulo, tetapi keberhasilan tak terduga yang membawa bahwa ternyata gagasan itu lebih populer daripada yang diperkirakan. Awalnya, Paulo membuat proyek ini pada komputer lama yang disimpan di dalam lemari pakaian di rumahnya. Tak lama kemudian terbukti bahwa pengaturan ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Berdasarkan dari mulut ke mulut, proyek dengan cepat meluas melewati batas negara Portugis di mana proyek ini dikembangkan.

Seiring waktu proyek tersebut mendapat perhatian dari media yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan popularitas. Postcrossing mencapai juta kartu pos pertama dipertukarkan pada 11 April 2008 dan telah berkembang bahkan lebih pesat.[11] Ini mencapai satu juta kedua pada tanggal 26 Februari 2009, dengan sebuah kartu pos yang dikirim dari Jerman ke Norwegia.[12] Satu juta ketiga dicapai pada 24 September 2009 dengan kartu pos perjalanan dari Finlandia ke Slovenia [13] juta keempat dicapai pada tanggal 28 Maret 2010 dengan kartu pos perjalanan dari Republik Ceko ke Belanda.[14]

Postcrossing.com merayakan ulang tahunnya yang kelima pada tanggal 14 Juli 2010 dengan kontes fotografi bagi para anggotanya.[15] Tidak lama setelah merayakan ulang tahun kelima mereka, Postcrossing.com mencapai 5.000.000 kartu pos yang diterima pada 24 Agustus 2010 dengan kartu pos yang dikirim dari Isle of Man (terdaftar di bawah keanggotaan Italia) ke Thailand.[16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1] Magalhães, Paulo. "Postcrossing". http://www.postcrossing.com. Diakses pada 2009-01-01.
  2. ^ [2] 129860, Sho (2006-05-08). "Postcrossing - The Postcard Crossing Project". BBC H2G2. http://www.bbc.co.uk/dna/h2g2/A10726850. Diakses pada 2009-01-01.
  3. ^ [3] Postcrossing front page
  4. ^ [4] Postcrossing statistics page
  5. ^ [5] Magalhães, Paulo (2010-03-28). "Postcrossing Stats". http://www.postcrossing.com/stats. Diakses pada 2010-03-28.
  6. ^ [6] Crews, Barbara (2007-07-01). "Random Postcards from Around the World: Postcrossing!". about.com. http://collectibles.about.com/od/postcards/a/postcrossing707.htm. Diakses pada 2009-01-01.
  7. ^ [7] Magalhães, Paulo. "Postcrossing - Help - How many postcards can I send?". postcrossing.com. http://www.postcrossing.com/help/how-many-postcards-can-i-send. Diakses pada 2009-01-01.
  8. ^ [8] http://www.postcrossing.com/help#
  9. ^ [9] Faxon, Hilary (2008-07-17). "Interview: Paulo Magalhães, Founder of Postcrossing.com". shanghaiist.com. http://shanghaiist.com/2008/07/17/interview_with_postcrossing_founder.php. Diakses pada 2009-01-01.
  10. ^ [10] Widmer, Laurent (2008). "Where is your postcard?". Union Postale. http://www.upu.int/union_postale/2008/en/1.pdf. Diakses pada 2009-01-01.[dead link]
  11. ^ [11] postcrossing.com (2008-04-11). "Postcrossing Hits 1 Million Exchanged Cards". prlog.org. http://www.prlog.org/10063670-postcrossing-hits-1-million-exchanged-cards.html. Diakses pada 2009-01-01.
  12. ^ [12] postcrossing.com (2009-02-26). "2 million received postcards! YAY! Can you believe it?". http://www.postcrossing.com/blog/2009/02/26/2-million-received-postcards-yay-can-you-believe-it. Diakses pada 2009-03-02.
  13. ^ [13] postcrossing.com (2009-09-25). "One, two, three! 3 million postcrossing postcards!". http://www.postcrossing.com/blog/2009/09/24/one-two-three-3-million-postcrossing-postcards. Diakses pada 2009-09-26.
  14. ^ [14] postcrossing.com (2010-03-28). "4 000 000 postcards!! :D". http://www.postcrossing.com/blog/2010/03/28/4-000-000-postcards-d. Diakses pada 2010-03-28.
  15. ^ [15] postcrossing.com (2010-07-14). "5 years and counting". http://www.postcrossing.com/blog/2010/07/13/5-years-and-counting. Diakses pada 2010-07-14.
  16. ^ [16] postcrossing.com (2010-08-24). "5000000 postcards received!". http://www.postcrossing.com/blog/2010/08/24/5000000-postcards-received. Diakses pada 2010-08-24.