Post Office Protocol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam komputasi, Post Office Protocol (POP) adalah protokol standar Internet lapisan aplikasi yang digunakan oleh klien email untuk mengambil email dari server email. POP ​​versi 3 (POP3) adalah versi yang umum digunakan, dan bersama dengan IMAP, protokol paling umum untuk pengambilan email.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Protokol Kantor Pos menyediakan akses melalui jaringan Protokol Internet (IP) untuk aplikasi klien pengguna ke kotak surat (maildrop) yang dikelola di server surat. Protokol mendukung operasi pengunduhan dan penghapusan untuk pesan. Klien POP3 terhubung, mengambil semua pesan, menyimpannya di komputer klien, dan akhirnya menghapusnya dari server. Desain POP dan prosedurnya didorong oleh kebutuhan pengguna yang hanya memiliki koneksi Internet sementara, seperti akses dial-up , yang memungkinkan pengguna ini untuk mengambil email saat terhubung, dan selanjutnya untuk melihat dan memanipulasi pesan yang diambil. saat offline.

Klien POP3 juga memiliki opsi untuk meninggalkan email di server setelah diunduh. Sebaliknya, Internet Message Access Protocol (IMAP) dirancang untuk biasanya meninggalkan semua pesan di server untuk mengizinkan manajemen dengan beberapa aplikasi klien, dan untuk mendukung mode operasi yang terhubung (online) dan terputus (offline).

Server POP3 mendengarkan pada nomor port terkenal 110 untuk permintaan layanan. Komunikasi terenkripsi untuk POP3 diminta setelah inisiasi protokol, menggunakan perintah STLS , jika didukung, atau oleh POP3S, yang terhubung ke server menggunakan Transport Layer Security (TLS) atau Secure Sockets Layer (SSL) pada nomor port TCP terkenal 995 .

Pesan yang tersedia untuk klien ditentukan saat sesi POP3 membuka maildrop, dan diidentifikasi dengan nomor pesan lokal untuk sesi tersebut atau, secara opsional, oleh pengidentifikasi unik yang ditetapkan ke pesan oleh server POP. Pengidentifikasi unik ini bersifat permanen dan unik untuk maildrop dan memungkinkan klien untuk mengakses pesan yang sama dalam sesi POP yang berbeda. Mail diambil dan ditandai untuk dihapus oleh nomor-pesan. Saat klien keluar dari sesi, email yang ditandai untuk dihapus akan dihapus dari maildrop.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]