Portibi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Portibi adalah surat kabar (koran) harian umum yang diterbitkan di kota Medan, Sumatera Utara. Nama Portibi sebenarnya diambil dari bahasa Batak yang diambil dari bahasa Sansakerta. Portibi sendiri berdasarkan pelafalan Batak atas kata "Pertiwi" (Pritvi dalam bahasa India).[1] Selain nama koran, Portibi juga diangkat sebagai nama jalan di daerah Portibi, di Desa Bahal Kecamatan Bolak Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.[2] Medan dan nama candi di lokasi yang sama. Koran Portibi terbit setiap hari dan mempunyai isi 12 halaman. Portibi diterbitkan sejak tanggal 17 Agustus 2001 oleh pemimpin redaksi Manahan Lubis. Koran ini menjadi salah satu media yang bertahan dalam bentuk surat kabar cetak dengan dukungan iklan yang mensponsori sebanyak 1/4 dari ukuran keseluruhan halaman koran yang berjumlah dua belas halaman.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Siregar, Abdul Aziiz Saleh (2017). Strategi Pengembangan Objek Wisata Candi Bahal oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas Utara (PDF). Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara. hlm. 4. 
  2. ^ "Eksplorasi Etnomatika pada Bangunan Candi Portibi". MathEducation Nusantara. 2 (ISSN 2614-512X): 123. 2018. 
  3. ^ Rasyid, Abdul (2019). "Surat Kabar Koran Era 4.0". Komunitas Islamika: Jurnal Imu Komunikasi dan Kajian Islam. 6 (2): 133.